'Kelola Bisnis dengan Cara Konvensional Sudah tak Relevan'

Red: Fernan Rahadi

Era digital (ilustrasi)
Era digital (ilustrasi) | Foto: Republika/Agung Supriyanto

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Di tengah pandemi Covid-19 yang berdampak pada seluruh aspek kehidupan di Indonesia, banyak bermunculan usaha-usaha baru yang mencoba peruntungan atau malah bertahan dalam kondisi seperti ini. Fenomena munculnya para pelaku usaha baru terkadang tidak teredukasi dengan baik bagaimana cara memulai dan mengelola bisnis dengan benar.

"Masih banyak para pelaku usaha menggunakan  cara lama atau konvensional yang sudah pasti menambah beban baik material maupun tenaga," kata pendiri Rantai, Steven Dharmawan, dalam siaran pers, Kamis (4/8).

Menurut Steven, di era globalisasi saat ini menggunakan cara lama atau konvesional dalam mengelola bisnis sangat tidak tepat mengingat semua kegiatan bisnis sudah berbasis digital. Sedangkan cara lama atau konvensional membutuhkan banyak sumber daya manusia dalam mengelola manajemen bisnis. Hal ini sudah pasti berpengaruh terhadap bertambahnya biaya operasional perusahaan.

"Padahal di tengah pandemi ini pelaku usaha harus memikirkan bagaimana menekan biaya operasional agar usaha tetap berjalan efektif," kata ujar 

Steven mencontohkan Rantai, inovasi dari PT Cyberindo Sinergi Sistem, yang  memfasilitasi manajemen dan meningkatkan efisiensi perusahaan distribusi. Mulai dari pembelian, penjualan, inventaris manajemen, piutang, dan point of sale untuk manajemen perusahaan. 

"Di sini kita tidak perlu membuang-buang waktu untuk berkomunikasi dengan supplier (pemasok-Red) mengenai update stock barang lagi, karena supplier hanya perlu meng-update stock barang dan secara otomatis semua stock barang ter-update sampai ke Anda secara real time," katanya.

Rantai, kata Steven, menciptakan proses menghubungkan pemasok dengan distributor, distributor dengan toko, dan toko dengan konsumen. Ekosistem ini yang membuat Smart Enterprise Resource Planning (ERP) Rantai berbeda karena secara otomatis menangkap dan mengekstrak data pesanan penjualan, seperti pembelian masa lalu pelanggan dari perusahaan, serta data tidak terstruktur seperti komunikasi tertulis dan menyimpannya ke dalam arsip elektronik.

"Rantai membantu mengatur dan mengelola bisnis dengan mudah melalui satu platform terintegrasi yang disebut Rantai Link, membuat Anda tetap selalu terhubung dengan konsumen dan rekan bisnis Anda. Kami memberi Anda solusi inovatif untuk mengontrol bisnis Anda dari mana saja dan kapan saja,” 

Dengan harga yang terjangkau, Rantai membuat para pelaku usaha tidak menggunakan cara lama atau konvensional lagi untuk mengelola dan mengatur bisnis secara efisien dan mudah. Rantai juga menjadi solusi untuk memangkas biaya operasional serta mengatur proses penjualan dengan baik agar mencapai hasil yang maksimal. "Sistem yang saling terintegrasi membuat Rantai mudah digunakan dan memanjakan para pelaku usaha dalam mengatur dan mengelola usaha," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Bangkrut, Hijrah, dan Sukses Bisnis dengan Berkah

Sutiaji Dorong Generasi Muda Terus Berkreasi di Era Digital

Inilah Pelajaran Berharga Setahun Covid-19 di Tanah Air

Tips Menghadapi Rasa Insecure terhadap Keuangan

Ini 7 Kebiasaan Spending Habits yang Bikin Keuanganmu Sehat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark