DIY Dukung Penerapan PPKM Level 3 Selama Libur Nataru

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Agus raharjo

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan (kiri) bersama Gubernur DIY Sri Sultan HBX memberikan keterangan pers usai meninjau vaksinasi Covid-19 massal di Ambarukmo Plaza, Yogyakarta, Jumat (6/8). Selama dua hari 1.000 warga menjadi target vaksinasi. Yogyakarta menjadi salah satu wilayah yang mempercepat proses vaksinasi. Dengan target setiap hari sebanyak 6.000 penyuntikan vaksin.
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan (kiri) bersama Gubernur DIY Sri Sultan HBX memberikan keterangan pers usai meninjau vaksinasi Covid-19 massal di Ambarukmo Plaza, Yogyakarta, Jumat (6/8). Selama dua hari 1.000 warga menjadi target vaksinasi. Yogyakarta menjadi salah satu wilayah yang mempercepat proses vaksinasi. Dengan target setiap hari sebanyak 6.000 penyuntikan vaksin. | Foto: Wihdan Hidayat / Republika

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mendukung kebijakan pemerintah pusat terkait penerapan PPKM Level 3 untuk seluruh wilayah Indonesia selama masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022. Dengan level 3, Sekda DIY, Kadarmanta Baskara Aji mengatakan, pemda dapat melakukan pengaturan sesuai kondisi daerah masing-masing.  

"Apik (bagus), dengan level 3 itu daerah bisa membuat regulasi khusus untuk melakukan pengetatan-pengetatan," kata Aji di Kompleks Kepatihan, Kamis (18/11).

Pengaturan saat ditetapkannya PPKM Level 3 dilakukan dalam rangka mencegah terjadinya lonjakan kasus Covid-19 saat libur Nataru. Menurutnya, pengaturan akan lebih ketat saat PPKM level 3 dibandingkan dengan level 2.

Terlebih, kata Aji, DIY merupakan provinsi yang menjadi sasaran utama bagi wisatawan saat Nataru. Dengan begitu, pihaknya bisa mengatur lebih ketat pergerakan masyarakat maupun wisatawan saat Nataru jika ditetapkan PPKM Level 3.

Baca Juga

"Yogya itu sasaran Nataru, maka nanti kita (Pemda DIY) termasuk kabupaten/kota bisa melakukan pengaturan-pengaturan kalau itu memang level 3," ujar Aji.

Aji menegaskan, pengaturan yang dilakukan bukan berarti melarang wisatawan masuk ke DIY. Namun, pengaturan selama nataru nanti akan dilakukan dengan pembatasan-pembatasan jumlah wisatawan yang masuk ke destinasi wisata dan membatasi durasi wisata.

Gubernur DIY, Sri Sultan Hamengku Buwono X juga sudah mengatakan bahwa pihaknya sudah mulai melakukan pengetatan menjelang Nataru. Salah satunya dengan melakukan pengetatan masuknya wisatawan ke DIY melalui pemeriksaan bus pariwisata.  

Pengetatan yang dilakukan secara dini ini dilakukan sebagai tindakan preventif untuk mencegah kenaikan kasus positif Covid-19 jelang Nataru. Dengan begitu, saat libur nataru diharapkan tidak ada kenaikan kasus.

"Dengan harapan kalau tidak ada peningkatan, Nataru nanti juga akan tetap baik. Jadi sekali lagi saya tekankan yang penting itu pengetatan di bulan-bulan ini, sehingga Nataru tidak ada kejutan," kata Sultan.

Pihaknya juga sudah berkomunikasi dengan masing-masing pemerintah kabupaten/kota untuk mengatur bus pariwisata yang masuk. Terlebih, dalam beberapa pekan ini terus terjadi peningkatan jumlah wisatawan yang datang ke DIY.

"Saya telah menyepakati dengan kabupaten/kota, bus yang masuk diperiksa, apabila ada (wisatawan) yang belum divaksin maka harus kembali," ujarnya.

Melalui pengetatan yang dilakukan, kata Sultan, pihaknya menghindari penularan yang berpotensi terjadi di sektor pariwisata. Sebab, di DIY sempat ada klaster baru penularan Covid-19 beberapa waktu lalu, walaupun bukan dari sektor pariwisata.

"Namun kami telah bisa atasi (klaster) dengan cepat sebelum ada penularan lebih jauh. Kami menghindari secara ketat akan kenaikan-kenaikan dari sektor pariwisata," tegas Sultan.

 

Terkait


Bandung Siap Turunkan PPKM ke Level 3 Jelang Libur Nataru

Satgas Covid-19 Ingatkan Aktivitas yang Dilonggarkan

Sultan Diminta Setop Pungli di Sekolah

Diakui WHO, Pemerintah Nyatakan Pandemi di Indonesia Membaik

Jelang G20, Jokowi Minta Awasi Covid-19 di Bali

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark