Libur Nataru, Basarnas Cilacap Siagakan 33 Personil

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Petugas mengiikuti apel Gelar Pasukan Siaga SAR.
Petugas mengiikuti apel Gelar Pasukan Siaga SAR. | Foto: Republika/ Wihdan

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap menggelar Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru. Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Nataru dimulai dari 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022.

Siaga SAR Nataru diawali dengan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman kantor Basarnas Cilacap pada Jumat (17/12) pukul 08.00 WIB. Bertindak sebagai pimpinan apel adalah Kepala Kantor SAR Cilacap I Nyoman Sidakarya dan diikuti seluruh personil kemudian pelepasan kendaraan sebagai tanda simbolis yang dilepas langsung oleh kepala kantor SAR Cilacap.

Kepala Kantor SAR Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan, Basarnas Cilacap menyiagakan 33 personil yang ditempatkan di Cilacap, dengan posko induk rencananya ditempatkan di depan halaman kantor.

"Kita siagakan personil di tempat penyeberangan pelabuhan rakyat dan rencana kita setiap harinya akan melaksanakan mobile ke tempat wisata di setiap wilayah kerja," ujar Nyoman.

Ia menjelaskan, titik fokus siaga pada tahun ini sama seperti tahun sebelumnya yakni berkonsentrasi pada transportasi mudik Nataru. Seperti Bandar Udara Tunggul Wulung, Pelabuhan Rakyat, dan tempat wisata yang ada di Cilacap dan wilayah kerja seperti Kebumen, Purworejo, Banyumas, Purbalingga, hingga Brebes.

Dalam Siaga SAR Khusus Nataru, Alut dan Palsar yang disiagakan antara lain tiga unit RIB yang disiapkan di Pelabuhan Sleko, lima unit Mobil Rescue, dua unit Rescue Truck, lima perahu karet, Atv Big Patrol, serta peralatan evakuasi.

Selain Siaga Nataru, Basarnas juga melakukan siaga operasi apabila ada laporan masyarakat yang membutuhkan jasa di bidang SAR.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Basarnas Yogyakarta Terjunkan Puluhan Personel Siaga Saat Nataru

Bantul Batasi Kegiatan Masyarakat pada Natal dan Tahun Baru

Bandara AP II Membuka Posko Monitoring 17 Desember 2021 - 4 Januari 2022

Basarnas Yogyakarta Terjunkan Puluhan Personel Siaga Saat Nataru

Menhub Minta Operasional Armada Wisata Dibatasi Saat Nataru

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark