Sabtu 18 Dec 2021 16:31 WIB

Libur Nataru, Basarnas Cilacap Siagakan 33 Personil

Posko induk ditempatkan di depan halaman kantor Basarnas Cilacap.

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq
Petugas mengiikuti apel Gelar Pasukan Siaga SAR.
Foto: Republika/ Wihdan
Petugas mengiikuti apel Gelar Pasukan Siaga SAR.

REPUBLIKA.CO.ID, CILACAP -- Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Cilacap menggelar Siaga SAR Khusus Natal dan Tahun Baru. Pelaksanaan Siaga SAR Khusus Nataru dimulai dari 17 Desember 2021 hingga 4 Januari 2022.

Siaga SAR Nataru diawali dengan apel gelar pasukan yang dilaksanakan di halaman kantor Basarnas Cilacap pada Jumat (17/12) pukul 08.00 WIB. Bertindak sebagai pimpinan apel adalah Kepala Kantor SAR Cilacap I Nyoman Sidakarya dan diikuti seluruh personil kemudian pelepasan kendaraan sebagai tanda simbolis yang dilepas langsung oleh kepala kantor SAR Cilacap.

Kepala Kantor SAR Cilacap, I Nyoman Sidakarya mengatakan, Basarnas Cilacap menyiagakan 33 personil yang ditempatkan di Cilacap, dengan posko induk rencananya ditempatkan di depan halaman kantor.

"Kita siagakan personil di tempat penyeberangan pelabuhan rakyat dan rencana kita setiap harinya akan melaksanakan mobile ke tempat wisata di setiap wilayah kerja," ujar Nyoman.

 

Ia menjelaskan, titik fokus siaga pada tahun ini sama seperti tahun sebelumnya yakni berkonsentrasi pada transportasi mudik Nataru. Seperti Bandar Udara Tunggul Wulung, Pelabuhan Rakyat, dan tempat wisata yang ada di Cilacap dan wilayah kerja seperti Kebumen, Purworejo, Banyumas, Purbalingga, hingga Brebes.

Dalam Siaga SAR Khusus Nataru, Alut dan Palsar yang disiagakan antara lain tiga unit RIB yang disiapkan di Pelabuhan Sleko, lima unit Mobil Rescue, dua unit Rescue Truck, lima perahu karet, Atv Big Patrol, serta peralatan evakuasi.

Selain Siaga Nataru, Basarnas juga melakukan siaga operasi apabila ada laporan masyarakat yang membutuhkan jasa di bidang SAR.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement