Dishub Magetan Gelar Uji Emisi Kendaraan Pribadi di Terminal Plaosan

Red: Muhammad Fakhruddin

Dishub Magetan Gelar Uji Emisi Kendaraan Pribadi di Terminal Plaosan (ilustrasi).
Dishub Magetan Gelar Uji Emisi Kendaraan Pribadi di Terminal Plaosan (ilustrasi). | Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA

REPUBLIKA.CO.ID,MAGETAN -- Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Magetan, Jawa Timur menggelar uji emisi kendaraan pribadi secara gratis di Terminal Plaosan guna menjaga kondisi udara di lingkungan setempat tetap aman bagi kesehatan.

Kepala Bidang Pengembangan dan Keselamatan Dishub Magetan Hery Indro Purnomo mengatakan, sasaran dalam uji emisi di Terminal Plaosan tersebut adalah kendaraan milik pribadi. "Yang diuji emisi adalah mobil pribadi. Kalau untuk mobil penumpang umum, uji emisinya secara berkala, tiap enam bulan. Uji emisi ini untuk meminimalisasi persoalan lingkungan dari gas buang," ujar Hery Indro Purnomo diMagetan, Sabtu (26/3/2022).

Menurut dia, saat diuji emisi, tingkat kesehatan sekaligus performa mesin dari kendaraan yang diuji akan diketahui. Sedikitnya terdapat 103 mobil yang dites di Terminal Plaosan tersebut.

Rinciannya, kendaraan jenis BBM bensin sebanyak 62 unit dan BBM solar sebanyak 41 unit. "Dari 62 mobil BBM bensin ada dua yang tidak lulus uji emisi, sedangkan dari BBM solar semuanya lulus uji emisi," kata dia.

Baca Juga

Hery menjelaskan, melalui uji emisi, Dishub akan mengetahui kadar buangan dari hasil pembakaran mesin. Jika melebihi ambang batas, maka akan berpengaruh terhadap lingkungan.

"Jika kadar buangan mesin memiliki jumlah yang melebihi batas maksimal, berarti kendaraan tersebut sedang dalam kondisi tidak beres. Dalam hal ini, uji emisi juga bermanfaat untuk mengetahui ukuran kesehatan mesin kendaraan," katanya.

Dishub mengimbau agar setiap kendaraan yang beroperasi di jalan untuk memenuhi standar emisi gas buang yang telah ditetapkan oleh pemerintah.Karenanya, Dishub akan rutin menggelar uji emisi tersebut bagi kendaraan pribadi maupun umum guna menjaga kulaitas udara tetap aman bagi kesehatan.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Kendala Emisi, Anies: Pembangkit Listrik Indonesia Belum Ramah Lingkungan

Politikus PSI: Kebijakan Uji Emisi di Jakarta Belum Efektif

DKI dan Polda Siapkan Tilang Uji Emisi di 24 Ruas Jalan

DKI Sebut Hari tidak Sehat Berkurang Berkat Uji Emisi di 2020

Sebanyak 556.745 Kendaraan Bermotor di DKI Sudah Uji Emisi

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark