Unsoed Purwokerto Kukuhkan Empat Profesor Baru

Red: Muhammad Fakhruddin

Unsoed Purwokerto Kukuhkan Empat Profesor Baru. Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto.
Unsoed Purwokerto Kukuhkan Empat Profesor Baru. Kampus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto. | Foto: wordpress.com

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengukuhkan empat guru besar atau profesor baru dalam bidang ilmu berbeda.

Pengukuhan guru besar tersebut dilaksanakan dalam Sidang Terbuka Senat Unsoed yang digelar secara daring dan luring di Auditorium Graha Widyatama Unsoed, Purwokerto, Selasa (29/3/2022).

Keempat guru besar yang dikukuhkan terdiri atas Prof Dattadewi Purwantini (Bidang Ilmu Pemuliaan Ternak), Prof Agatha Sih Piranti(Bidang Ilmu Limnologi), Prof Warsinah (Bidang Ilmu Biokimia), dan Prof Agus Hery Susanto (Bidang Ilmu Genetika).

Rektor Unsoed Prof Suwarto mengatakan perguruan tinggi mendapatkan mandat negara sebagai institusi yang diharapkan dapat mengembangkan kemampuan, membentuk watak, dan peradaban bangsa yang bermartabat. "Pendidikan tinggi diharapkan menjadi sarana untuk mengembangkan pribadi-pribadi yang berkapasitas melalui penyelenggaraan tridharma dengan senantiasa memperhatikan dan menerapkan nilai-nilai kemanusiaan serta kearifan budaya yang ada. Dalam konteks tersebut, maka wajar adanya bila masyarakat, bangsa dan negara ini punya harapan besar kepada dunia perguruan tinggi," katanya.

Baca Juga

Ia mengatakan kampus menjadi tempat persemaian ide dan gagasan, menjadi lahan subur untuk tumbuh serta berkembangnya kreativitas dan inovasi.Kesemuanya dilandasi oleh prinsip-prinsip akuntabilitas saintifik, berdaya guna dan berhasil guna, serta berperspektif kebangsaan yang dijiwai oleh ideologi Pancasila.

"Tidak hanya itu, perguruan tinggi juga dihadapkan dengan tantangan masa depan yang memiliki paradigmanya tersendiri. Masa depan adalah berbicara tentang kualifikasi dan kompetensi yang unggul dan berdaya saing. Oleh karenanya, menjadi sebuah keniscayaan untuk menyesuaikan diri, menakar diri dan berani memampukan diri sebagai jawaban untuk menghadapi masa depan," katanya.

Dengan demikian, kata dia, keseluruhan guru besar atau profesor di Universitas Jenderal Soedirman sampai saat ini berjumlah 83 orang. 

sumber : ANTARA
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Soal Pelonggaran Syarat Perjalanan, Ini Kata Ahli Epidemiologi

Jumlah Profesor Baru Universitas Brawijaya Terus Bertambah

BSI-Unsoed Kerja Sama Tingkatkan Layanan Syariah di Kampus

Bidik Pasar Mahasiswa, BSI Jajaki Kerja Sama dengan Unsoed Tingkatkan Layanan Syariah

Unsoed Tanggapi Dugaan Pelecehan Seksual di Lingkungan BEM

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark