PMI Banjarnegara Pastikan Stok Darah Aman Selama Ramadhan

Red: Muhammad Fakhruddin

PMI Banjarnegara Pastikan Stok Darah Aman Selama Ramadhan (ilustrasi).
PMI Banjarnegara Pastikan Stok Darah Aman Selama Ramadhan (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Asep Fathulrahman

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, memastikan stok darah di wilayah setempat aman selama bulan Ramadhan dan dapat mencukupi permintaan dari masyarakat yang membutuhkan.

"Stok darah aman, kami terus menggencarkan sosialisasi donor dan mengintensifkan kerja sama dengan semua pihak," kata Kepala Unit Donor Darah PMI Kabupaten Banjarnegara Agus Budi Susanto melalui siaran pers yang diterima di Purwokerto, Selasa (5/4/2022).

PMI Banjarnegara telah menyiapkan sejumlah strategi guna menjaga ketersediaan darah selama bulan Ramadhan. "Ada beberapa trik dan inovasi yang akan kami lakukan dalam rangka menjaga stok darah selama bulan Ramadhan," katanya.

Agus menambahkan strategi pertama adalah mengubah jadwal donor darah menjadi malam hari, terutama kelompok donor potensial. "Kami juga berkoordinasi dengan kelompok donor non-Muslim agar dapat maksimal menjaga stok selama bulan Ramadhan," katanya.

Baca Juga

Dia juga mengajak masyarakat untuk lebih meningkatkan kepedulian kepada sesama dengan melakukan donor darah sukarela secara rutin. "Meskipun dalam suasana bulan Ramadhan dan juga masih dalam kondisi pandemi COVID-19 namun kami mengajak masyarakat untuk senantiasa meningkatkan kepedulian kepada sesama dengan melakukan donor darah sukarela secara rutin," katanya.

Dia menambahkan pada saat ini PMI Banjarnegara terus mengupayakan yang terbaik bagi seluruh masyarakat yang ada di Banjarnegara.

Untuk terus menjaga ketersediaan darah di wilayah Banjarnegara, kata dia, perlu peran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dengan cara mendonorkan darahnya secara berkala.

Dia menambahkan, berdasarkan data per hari Selasa diketahui bahwa stok darah di Kabupaten Banjarnegara terdiri dari 113 kantong darah golongan A dan 104 kantong darah untuk golongan B. Selain itu, 134 kantong darah untuk golongan O dan 12 kantong darah untuk golongan AB.

Dia mengatakan pihaknya terus menginformasikan data terkini persediaan darah di wilayah setempat melalui akun media sosial PMI Banjarnegara. "Masyarakat bisa mengakses akun media sosial resmi milik PMI Banjarnegara untuk mengetahui informasi lebih lengkap," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


PMI Minta Pendonor Jaga Kesehatan Agar Tetap Bisa Lakukan Donor Darah di Ramadhan

Selama Ramadhan, PMI Depok Tetap Buka Pelayanan Donor Darah

PMI Kota Padang Butuh 150 Kantong Darah Setiap Hari

PMI Makassar Buka Gerai Donor Darah di Masjid Selama Ramadhan

PMI Ajak Warga non-Muslim Donor Darah Selama Bulan Puasa

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark