Jumat 15 Apr 2022 17:53 WIB

Ini Layanan BBM yang Disiapkan Pertamina Patra Niaga JBT Saat Mudik Lebaran

Pertamina juga menyiapkan mobil siaga atau armada khusus.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Ini Layanan BBM yang Disiapkan Pertamina Patra Niaga JBT Saat Mudik Lebaran (ilustrasi).
Foto: Antara/Indrayadi TH
Ini Layanan BBM yang Disiapkan Pertamina Patra Niaga JBT Saat Mudik Lebaran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Guna mendukung kelancaran pelalayanan pada saat arus mudik dan arus balik Lebaran 1443 Hijriah, PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Tengah (JBT) terus mempersiapkan infrastruktur layanan pengisian BBM, baik di jalur tol maupun di jalur non tol di wilayah kerjanya.

Area Manager Communiction & CSR Pertamina Patra Niaga JBT, Brasto Galih Nugroho menjelaskan beberapa fasilitas yang telah dipersiapkan oleh PT Pertamina Patra Niaga JBT selama Satgas Ramadhan dan Idul Fitri (RAFI) 2022, di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Baca Juga

Layanan tersebut meliputi penyiapan sebanyak 57 SPBU kantong yang tersebar di wilayah Jawa Tengah dan DIY. SPBU kantong ini merupakan SPBU tertentu yang disiapkan fasilitas pasokan BBM untuk mempersingkat suplai kebutuhan BBM ke sejumlah SPBU di sekitarnya tanpa harus menunggu suplai dari fuel terminal.

Apabila ada SPBU yang kehabisan stok BBM oleh karena peningkatan konsumsi masyarakat pengguna jalan, maka pasokan BBM-nya akan diupayakan dari SPBU kantong ini agar lebih efisien jarak dan waktu,” jelasnya di Semarang, Jumat (15/4/2022).

Selain SPBU kantong, lanjut Brasto, Pertamina juga menyiapkan mobil siaga atau armada khusus Pertamina pembawa BBM non subsidi dalam kemasan, guna mengantisipasi pengguna jalan yang kehabisan BBM saat melitas di jalan tol.

Mobil Siaga Pertamina ini ditempatkan khusus di tiga titik lokasi di ruas tol yang ada di wilayah Jawa Tengah. Masing- masing di SPBU exit tol Tegal, SPBU exit tol Weleri serta SPBU di Rest Area tol KM 519 B wilayah Sragen.

Selain mobil siaga, di ruas tol juga disiagakan Sembilan Pertashop Modular . Fasilitas ini disiapkan untuk mendukung layanan BBM selain tujuh SPBU reguler Pertamina yang ada sepanjang di jalur tol  di wilayah kerja Pertamina Patra Niaga JBT.

Selain itu juga masih didukung oleh penyiapan 87 layanan BBM sepeda motor (motorist) yang ada di Jawa Tengah dan DIY, baik di jalur tol maupun jalur non tol.

Di luar jalur tol layanan BBM motorist disiagakan khusus di kota- kota besar agar bisa menembus kemacetan. Misalnya seperti di Brebes, Tegal, Batang, Kendal dan Semarang untuk jalur dari arah barat ke timur. Selain itu juga di Cilacap, Purwokerto, Kebumen, Purworejo serta Yogyakarta (di jalur selatan) dan lainnya.

Di dalam jalan tol, layanan BBM motorist di beberapa SPBU Rest Area yang ada di dalam jalan Tol. Konsumen yang membutuhkan layanan BBM motorist bisa mengontak no telpon 135. Seperti halnya mobil siaga, layanan Motorist juga dikhususkan untuk BBM nonsubsidi.

Untuk layanan motorist yang disiagakan di SPBU rest area, layanan BBM motorist akan digerakkan ketika memang diperlukan dan teknisnya juga ada koordinasi dengan aparat kepolisian untuk mengawal.

Apabila terjadi kemacetan di ruas jalan tol dan ada kendaraan yang kehabisan BBM sebelum mencapai SPBU terdekat, maka layanan motorist dapat digerakkan dengan membawa produk BBM non subsidi (baik gasoline maupun gasoil) dalam kemasan.

“Di luar ini, layanan tambahan pengisian BBM selama periode Satgas RAFI juga disiapkan Pertamina Patra Niaga JBT di 239 SPBU Siaga yang tersebar di wilayah jawa Tengah dan DIY,” tambahnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement