Rabu 20 Apr 2022 13:24 WIB

Presiden Minta Bandara Trunojoyo Layani Rute Jakarta Jelang Lebaran

Bandara Trunojoyo kini memiliki panjang landasan pacu 1.600 meter.

Presiden Minta Bandara Trunojoyo Layani Rute Jakarta Jelang Lebaran (ilustrasi).
Foto: wikimedia.org
Presiden Minta Bandara Trunojoyo Layani Rute Jakarta Jelang Lebaran (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta agar Bandara Trunojoyo di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, yang baru saja diresmikan, dapat segera melayani penerbangan dari Jakarta guna memfasilitasi masyarakat untuk mudik jelang Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah/2022.

"Saya minta ini karena sudah hampir menjelang Hari Raya Idul Fitri, saya minta Menteri Perhubungan agar diusahakan ada penerbangan dari Surabaya ke Sumenep maupun dari Jakarta ke Sumenep," kata Presiden Jokowi dalam acara Peresmian Bandara Trunojoyo yang dipantau secara virtual, di Jakarta, Rabu (20/4/2022).

Baca Juga

Presiden Jokowi menjelaskan bahwa pengembangan Bandara Trunojoyo bertujuan melayani kebutuhan transportasi masyarakat di Pulau Madura dan sekitarnya, selain menggunakan kapal laut. Bandara Trunojoyo saat ini sudah melayani penerbangan empat rute yakni Sumenep-Surabaya, Sumenep-Bawen, Sumenep-Pagerungan, dan Sumenep-Banyuwangi.

Khusus menjelang Idul Fitri, Presiden Jokowi meyakini pembukaan rute baru dari Jakarta dan Surabaya menuju Sumenep, dapat dimanfaatkan oleh banyak masyarakat. "Untuk kita coba apakah penuh atau tidak penumpangnya. Menurut saya penuh, Insya Allah penuh," kata Presiden Jokowi.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bandara Trunojoyo Sumenep MArqodri Arman menjelaskan bahwa penerbangan komersial masih berlanjut meskipun di awal pandemi sempat dihentikan. Dengan adanya pengembangan Bandara Trunojoyo yang kini memiliki panjang landasan pacu 1.600 meter, serta gedung terminal seluas 3.600 meter, Kepala Bandara berharap bandara lebih mampu melayani masyarakat dengan rute komersial lainnya.

"Harapan kita ke depannya tujuan rute-rute komersial yang berpotensi segera bisa kita realisasikan. Rute yang memang kita harapkan dan mempertimbangkan komersial adalah Sumenep-Jakarta, Sumenep-Denpasar, dan Sumenep-Banjarmasin," kata dia.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement