MKKS Muhammadiyah Magelang Gandeng FEB dan Fisipol UMY

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

MKKS Muhammadiyah Magelang Gandeng FEB dan Fisipol UMY (ilustrasi).
MKKS Muhammadiyah Magelang Gandeng FEB dan Fisipol UMY (ilustrasi). | Foto: Wahyu Suryana.

REPUBLIKA.CO.ID,MAGELANG -- Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Muhammadiyah Magelang adakan lokakarya Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial & Media Massa Untuk Strategi Promosi Sekolah. Digelar bekerja sama Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) dan Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (Fisipol) Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Kegiatan ini merupakan bagian dari Program Pengabdian kepada Masyarakat UMY. Lokakarya ini diselenggarakan pada 22 April 2022 di Gedung Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kabupaten Magelang dan diikuti oleh 50 peserta.

Ketua MKKS Muhammadiyah Kabupaten Magelang, Sularto mengatakan, kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan kapasitas guru-guru untuk memanfaatkan media sosial. Terutama, sebagai sarana mempromosikan atau membranding sekolah-sekolah yang ada.

Mereka menyadari, sadar persaingan mendapatkan siswa baru bagi sekolah swasta, khususnya sekolah kejuruan, semakin ketat. Untuk itu, mereka ingin guru-guru SMK Muhammadiyah di Magelang punya keterlibatan yang tinggi mempromosikan sekolahnya.

Baca Juga

"Dengan memanfaatkan teknologi terkini yaitu medsos," kata Sularto, Ahad (23/4/2022).

Sularto mengakui, pada masa pandemi seperti saat ini, menggunakan media sosial secara bijak dan cerdas sangat dibutuhkan. Apalagi, bagi guru-guru sekolah agar bisa memanfaatkan keberadaan media sosial sebagai sarana menyampaikan ilmu.

"Terlebih, selama dan pasca pandemi Covid-19 ini, kecerdasan bermedia sosial sangat diperlukan," ujar Sularto.

Pada kesempatan itu, beberapa strategi dan trik menulis berita atau publikasi ringan diberikan oleh narasumber. Selain itu, pemateri turut melatih peserta untuk praktek langsung mengirimkan berita ke media sosial dan media massa.

Lokakarya dipandu dosen FEB UMY, Dr Meika Kurnia Puji serta dua dosen Fisipol, Dr Fajar Junaedi dan Erwan Sudiwijaya. Salah satu peserta dari SMK Muhammadiyah 2 Borobudur, Asti Zulaina Taufan mengungkapkan, kegiatan menyenangkan dan menarik.

"Sangat bermanfaat untuk mendukung kemajuan sekolah," kata Asti.

Selepas acara, Meika Kurnia Puji menambahkan, UMY sangat mendukung kegiatan semacam ini. Selain sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, kegiatan-kegiatan semacam ini turut menunjukkan adanya sinergitas yang tinggi.

"Antara UMY dan Amal Usaha Muhammadiyah dan Aisyiyah," ujar Meika. 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Cara Memasukkan Gambar Dalam Soal ke Testmoz

Imperatif Konstitusi untuk RUU Sikdiknas

Sifat Seorang Guru dalam Mengajar Ilmu Agama

Guru Sebagai Pendidik Bukan Pembidik

Sosok Guru Masa Kini

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark