Gubernur Sebut Sinergi Jadi Kunci Pembangunan Jawa Timur

Red: Muhammad Fakhruddin

Gubernur Sebut Sinergi Jadi Kunci Pembangunan Jawa Timur. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa.
Gubernur Sebut Sinergi Jadi Kunci Pembangunan Jawa Timur. Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID,MALANG -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyatakan bahwa sinergi, kolaborasi, dan komunikasi intensif antara TNI, Polri, dan pemerintah daerah menjadi kunci pembangunan di wilayah tersebut.

Dalam apel Sinergitas TNI-Polri di Daerah Latihan Kodam V/Brawijaya Kabupaten Malang, Kamis (12/6/2022), Khofifah mengatakan bahwa kolaborasi, komunikasi, dan kemitraan yang kuat antara TNI, Polri, dan pemerintah daerah sangat diperlukan dalam proses percepatan pembangunan.

"Tidak ada sukses tunggal. Sukses diraih karena sinergi, kolaborasi, dan kemitraan yang kuat. Dengan kolaborasi dan koordinasi yang baik, tantangan dan masalah yang ada bisa diselesaikan secara bersama-sama dengan efektif dan efisien," kata Khofifah.

Ia menjelaskan kolaborasi, komunikasi, dan kemitraan yang kuat antara TNI, Polri, dan pemerintah daerah tersebut sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo yang disampaikan kepada kepala daerah se-Indonesia beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Untuk itu, ia berharap sinergitas, kemitraan, dan kolaborasi itu terjalin dengan baik tidak hanya di tingkat provinsi, namun juga kabupaten atau kota termasuk hingga tingkat kecamatan dan desa khususnya yang ada di wilayah Jawa Timur.

"Hal ini diperlukan karena masing-masing memiliki kekuatan, jejaring, dan energi yang akan menekankan signifikansi bagi program yang bermanfaat bagi masyarakat," ujarnya.

Ia menambahkan, pada saat pandemi, penyakit akibat penyebaran virus Corona menghantam banyak sektor mulai dari sektor sosial, ekonomi, dan lainnya. Prajurit TNI dan Polri saat itu turun ke tengah-tengah masyarakat untuk memberikan pelayanan optimal.

"Salah satunya dalam program vaksinasi baik yang secara kontinyu maupun insidentil dalam jumlah yang masif," katanya.

Tidak hanya soal vaksinasi, Panglima TNI dan Kapolri juga terus turun memastikan bahwa obat-obatan yang digunakan untuk menangani COVID-19 dan bahan kebutuhan pokok bagi masyarakat benar-benar tersalurkan dengan baik. "Saya mengapresiasi para prajurit TNI-Polri yang turun langsung ke masyarakat. Hal ini tentunya membuat masyarakat tenang," ujarnya.

Ia menambahkan, sinergitas TNI-Polri juga penting dalam upaya untuk memulihkan perekonomian nasional dan sektor investasi. Terlebih, motor penggerak pertumbuhan ekonomi tersebut adalah masuknya investasi termasuk di Jawa Timur. "Bahwa sekali lagi sesuai arahan Bapak Presiden RI bahwa jajaran TNI-Polri termasuk gubernur sampai bupati untuk mengawal proses investasi di daerah dan percepatan pembangunan di daerah," katanya.

sumber : ANTARA
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Ekspor Perdana Excelsa Wonosalam, Khofifah Ajak Pemuda Kembangkan Bisnis Kopi

Tangani Wabah PMK Sapi, Khofifah Tekankan Strategi Tutup Sementara Pasar Hewan

Gubernur Jatim Tinjau Lokasi Ambrolnya Seluncuran Kenjeran Waterpark Surabaya

Semringah Usai Bertemu Khofifah, Prabowo: Wahh Semua Dijadikan Politik Ini

Prabowo Ternyata Perhatikan Khofifah Sejak Lama, Lho?

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark