Djarot Ajak Masyarakat Merawat Kuliner Khas Indonesia

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Muhammad Fakhruddin

Djarot Ajak Masyarakat Merawat Kuliner Khas Indonesia. Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) bidang ideologi dan kaderisasi Djarot Saiful Hidayat
Djarot Ajak Masyarakat Merawat Kuliner Khas Indonesia. Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP) bidang ideologi dan kaderisasi Djarot Saiful Hidayat | Foto: istimewa

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Ketua DPP PDI Perjuangan Djarot Saiful Hidayat mengunjungi Surabaya untuk memperingati hali lahir Bung Karno yang jatuh pada Senin (6/6). Pada kunjungannya di Kota Pahlawan, Djarot menyempatkan diri mengunjungi salah satu kiliner khas Surabaya, yakni Tahu Campur Kalasan. Djarot pun mengajak masyarakat untuk merawat kuliner-kuliner khas Indonesia.

”Kita harus nguri-uri (merawat) kuliner khas semacam ini. Indonesia begitu kaya kuliner, dengan bumbu-bumbu yang khas dan sangat unik. Bahkan meski satu jenis masakan, di tiap daerah bisa berbeda-beda corak penyajian, bumbu, dan rasanya,” kata Djarot.

Djarot lantas menyinggung soal buku ”Mustika Rasa”, buku setebal lebih dari 1.000 halaman yang mendokumentasikann resep berbagai masakan dari seluruh penjuru Nusantara. Penyusunan buku itu atas inisiasi Presidenn Sukarno.

”Jadi Bung Karno sejak dulu itu sudah punya kesadaran bahwa kekayaan rempah Indonesia bisa menghasilkan kekayaan kuliner yang begitu luar biasa, yang bisa menggerakkan ekonomi lokal, menjadi bagian dari sosio-kultural yang mengiringi gerak perubahan masyarakat,” ujar Djarot.

Baca Juga

Ketua DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono menambahkan, beragam kuliner telah mampu menghidupi gerak masyarakat Kota Pahlawan. Dalam rangkaian Hari Lahir Bung Karno, PDIP Surabaya juga menggelar aksi memasak 20 resep dalam buku ”Mustika Rasa”.

”Kami melibatkan ibu-ibu di perkampungan padat penduduk di tempat Bung Karno dilahirkann dan di tempat Bung Karno menempa diri ketika indekos di rumah tokoh Islam, HOS Tjokroaminoto. Kuliner-kuliner itu bukan hanya sangat memikat lidah, tetapi juga menjadi sarana konsolidasi kultural dimana warga memasak untuk kemudian dinikmati bersama," kata Adi.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Gubernur Sumbar ‘Jualan’ Rendang di Jerman

Kuliner dan Budaya Indonesia Dipromosikan di Denmark

KBRI Gelar Pekan Kuliner Indonesia di Moskow

Mahasiswa UMM Ajarkan Warga Desa Buat Dodol Susu

Masakan Indonesia Ikut Meriahkan Ajang Kuliner di Singapura

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark