Surakarta Terjunkan Petugas untuk Periksa Hewan Qurban

Red: Muhammad Fakhruddin

Surakarta Terjunkan Petugas untuk Periksa Hewan Qurban (ilustrasi).
Surakarta Terjunkan Petugas untuk Periksa Hewan Qurban (ilustrasi). | Foto: Dok Humas Kementan

REPUBLIKA.CO.ID,SOLO -- Pemerintah Kota Surakarta, Jawa Tengah, akan menerjunkan puluhan petugas untuk memeriksa kesehatan hewan kurban menjelang perayaan Idul Adha 2022 menyusul merebaknya penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Surakarta Eko Nugroho mengatakan akan menerjunkan sebanyak 60 petugas untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban. Mereka nantinya akan disebar ke sejumlah tempat penjualan hewan kurban, terutama penjual dadakan.

Ia mengatakan jika pada pemeriksaan tersebut ditemukan ada hewan yang positif PMK maka akan dilanjutkan dengan isolasi. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada para pedagang menyediakan kandang khusus untuk isolasi bagi hewan yang terpapar PMK.

Selain itu, kata dia, setiap hewan kurban yang diperjualbelikan harus memiliki surat keterangan kesehatan hewan (SKKH). "Pedagang harus bisa menunjukkan SKKH, termasuk saat hewan sudah disembelih dan ditemukan ada penyakit, bagian mana yang bisa dikonsumsi karena kan harus dipilah," katanya, Jumat (17/6/2022).

Baca Juga

Sebelumnya, pihaknya juga sudah aktif melakukan sosialisasi terkait kesehatan hewan terutama kepada takmir masjid."Kami sudah dua kali melakukan sosialisasi di lima kecamatan di Kota Solo," katanya.Sementara itu, untuk di Kota Solo hingga saat ini sudah ada tujuh hewan ternak yang ditemukan terpapar PMK. Dari total tersebut dua hewan sudah dinyatakan positif dan lima lainnya diindikasikan PMK.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Kota Bandung Tunggu Giliran Vaksinasi Hewan Ternak Cegah PMK

Wabah PMK Ternak di Kabupaten Tangerang Meluas

Pemkot Pekalongan Bentuk Tim Reaksi Cepat untuk Cegah PMK

Upaya Cegah Wabah PMK Saat Idul Adha

IPB Beri Rekomendasi Penyembelihan Hewan Qurban di Tengah Wabah PMK

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark