Kabupaten Pati Turunkan Angka Stunting Jadi 5,4 Persen

Red: Muhammad Fakhruddin

Kabupaten Pati Turunkan Angka Stunting Jadi 5,4 Persen (ilustrasi).
Kabupaten Pati Turunkan Angka Stunting Jadi 5,4 Persen (ilustrasi). | Foto: Kemenkominfo

REPUBLIKA.CO.ID,PATI -- Kabupaten Pati, Jawa Tengah, berhasil menurunkan angka kasus stuntingdari 37 persen pada tahun 2019 menjadi 5,4 persen pada tahun 2022, kata Bupati Pati Haryanto.

"Sepanjang upaya penanganan kasus stunting dilakukan secara maksimal dan terintegrasi, kami optimistis akan membuahkan hasil yang maksimal. Buktinya, saat ini angkanya sudah turun menjadi 5,4 persen," ujarnya saat menghadiri pembukaan gerak stunting tingkat kabupaten/kota se-Keresidenan Pati di Safin Hotel Pati, Selasa (21/6/2022).

Hadir pada acara tersebut, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Tengah Widwiono, Kepala Bidang Pemerintahan dan Sosial Budaya Bappeda Provinsi Jawa Tengah Edi Wahyono, Kepala Bappeda Kabupaten Pati Muhtar, Kepala Dinas Sosial dan P3KB Indriyanto, Kemenag Pati, dan juga Tim Percepatan Penanganan Stunting (TPPS) se-Keresidenan Pati meliputi Pati, Kudus, Blora, Rembang, dan Jepara.

Ia mengucapkan terima kasih karena Kabupaten Pati mendapatkan kesempatan pertama dalam kegiatan penanganan stunting tingkat kabupaten/kota se-Keresidenan Pati. Seiring melandainya kasus COVID-19, dia juga optimistis nantinya penanganan stunting akan lebih maksimal.

Baca Juga

"Harapannya, data yang menjadi sumber penanganan stunting ini dapat terintegrasi serta mendapat dukungan dari semua lini, baik itu dari pemerintah pusat, provinsi, daerah, kecamatan hingga desa," ujarnya.

Ia juga mendorong agar derajat kesehatan masyarakat dapat ditingkatkan terus dari berbagai sumber, karena sumber daya manusia yang ada saat ini akan menjadi generasi penerus di masa mendatang. Pada kesempatan itu, Haryanto juga berkesempatan membuka kegiatan gerak stunting tingkat kabupaten/kota yang kemudian dilanjutkan dengan diskusi tanya jawab seputar langkah penanganan stunting di wilayah Keresidenan Pati.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Kenaikan Berat Badan Anak Seret, Kapan Harus Khawatir?

Minimnya Air Bersih dan Jambat Picu Stunting di Lebak

Layanan Kesehatan Rakyat di Sekolah Partai PDI Perjuangan

Muhadjir Effendy Minta Prevalensi Stunting Turun Tiga Persen per Tahun

Dinas Kesehatan: 1.276 Balita di Lhokseumawe Alami Stunting

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark