Warga Temanggung Dilatih Kembangkan Produk Fashion Pewarna Alami

Red: Muhammad Fakhruddin

Warga Temanggung Dilatih Kembangkan Produk Fashion Pewarna Alami (ilustrasi).
Warga Temanggung Dilatih Kembangkan Produk Fashion Pewarna Alami (ilustrasi). | Foto: Republika/Yogi Ardhi

REPUBLIKA.CO.ID,TEMANGGUNG -- Sebanyak 60 warga Kabupaten Temanggung mendapat pelatihan pengembangan produk fesyen yang berasal dari bahan pewarna tekstil alami.

Pelatihan untuk pengembangan ekonomi masyarakat di Kabupaten Temanggung ini dibuka oleh Wakil Bupati Temanggung Heri Ibnu Wibowo di UMK Shibiru, Ngadirejo, Temanggung, Rabu (22/6/2022).

Kegiatan yang diselenggarakan STAPA Center bekerja sama dengan Sampoerna Untuk Indonesia dan UMK Shibiru ini meliputi pelatihan menjahit, pewarnaan kain dan benang serta shibori. Pelatihan ini merupakan bagian dari program "Economic Urban Vulnerabilty Empowernment".

Fokus pelatihan diarahkan pada pengembangan produk yang berasal dari bahan pewarna tekstil alami.UMK Shibiru merupakan produsen pewarna alami berbahan dasar tanaman Indigo Strobilanthes Cusia dan limbah tanaman bakau, sehingga produk ini ramah lingkungan.

Baca Juga

Limbah dari produk pewarna ini juga bisa dijadikan pupuk sehingga benar-benar zero waste. Produk pewarna tekstil lebih cocok pada pakaian, batik, tas, tenun dan kreasi lainnya yang berbahan kain dan benang.

Heri Ibnu Wibowo menyampaikan kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dalam membuat fashion dan memproduksi barang jadi agar bisa mencapai pasar bernilai ekonomis dan berdaya saing. "Kami mengapresiasi kegiatan ini karena dengan meningkatkan usaha masyarakat dapat mengangkat perekonomian di Kabupaten Temanggung, apalagi kalau produk bisa diekspor ke luar negeri, maka menjadi nilai tambah bagi ekonomi nasional," katanya.

Ia berharap melalui kegiatan ini bisa menjadi solusi dengan berbagai permintaan pasar yang terus meningkat maka perlu adanya produk barang jadi karena selama ini bahan jadi yang berasal dari pewarna alami masih sulit dengan permintaan pasar yang berlebih. "Kegiatan ini diharapkan bisa mengangkat usaha masyarakat dan mencapai pasar yang lebih luas baik dalam negeri maupun luar negeri," kata perwakilan Sampoerna untuk Indonesia Kukuh Dwi Kristianto.

Kukuh menyampaikan melalui skema CSR dengan tagline Sampoerna Untuk Indonesa, PT HM Sampoerna Tbk berkomitmen dalam usaha meningkatkan ekonomi masyarakat di Temanggung dan berkontribusi terhadap pemulihan ekonomi secara nasional.

Direktur STAPA Center Agus Rohmatulloh menuturkan kerja sama dengan Sampoerna Untuk Indonesia membantu para pelaku usaha di Kabupaten Temanggung agar lebih meningkat dalam hal produktifitas khususnya produk berbahan dari pewarna alami yang sangat diminati oleh pasar. "Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat dalam mengembangkan ekonomimasyarakat di Kabupaten Temanggung," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Wagub Jateng Tertarik dengan Batik dari Pewarna Lumpur

Mahasiswa UMM Ciptakan Inovasi Pewarna Alami dari Kulit Kopi

Pengusaha Tekstil Buleleng-Bali Kembangkan Pewarna Alami

Prof Elfi Temukan Pewarna Halal Alami Diilhami Surat An-Nahl

Mengenalkan Kembali Penenun kepada Pewarna Alami

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark