Rombongan 245 Calhaj Purbalingga Diberangkatkan ke Tanah Suci

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Wabup Purbalingga melepas rombongan jamaah calon haji, Senin (27/6/2022).
Wabup Purbalingga melepas rombongan jamaah calon haji, Senin (27/6/2022). | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, PURBALINGGA -- Wakil Bupati Purbalingga H Sudono melepas sebanyak 245 jamaah calon haji asal Kabupaten Purbalingga Tahun 1443H / 2022M di Pendopo Dipokusumo, Senin (27/6/2022). Ia pun mengingatkan seluruh calhaj asal Purbalingga untuk tetap menjaga kesehatan dan kekompakan.

Tim dan ketua regu diminta untuk menjalin kebersamaan dan mengawasi anggotanya serta menjalankan fungsinya sebagai ketua regu. Ketua regu diminta turut memantau anggota yang belum melaksanakan rukun wajib haji agar sekembali dari Tanah Suci menjadi haji yang mabrur.

“Kepada tim, kebersamaan dan kekompakan harus dijaga. Khusus kepada ketua regu, harus tahu betul dan ditanyakan siapakah yang belum menjalankan atau melaksanakan rukun wajib haji. Karena harapannya semua jamaah adalah menjadi haji mabrur,” katanya.

Wabup meminta agar para calhaj mendoakan Kabupaten Purbalingga agar masyarakatnya baldatun thoyyibatun warobbun ghofur, mendoakan dirinya dan bupati Purbalingga yang saat ini butuh istirahat.

“Saat ini saya masih sakit dan dalam masa pengobatan terus, demikian juga Ibu Bupati Tiwi agar cepat sembuh dari sakit pita suaranya. Dan jangan lupa, doakan juga Purbalingga agar baldatun toyyibatun warobbun ghofur,” pintanya.

Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Purbalingga, Muhammad Syafi’i mengungkapkan, seluruh jamaah haji ini besok (Selasa-red.) akan mengikuti test PCR dan berharap hasilnya baik semua sehingga seluruhnya dapat berangkat haji.

Jumlah calhaj kali ini 245 orang dengan dua orang Petugas Haji Daerah (PHD), satu orang Tenaga Kesehatan Haji Indonesia (TKHI), dan satu Tenaga Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI). Mereka akan diberangkatkan dalam dua kloter berbeda.

Kloter 42 akan diberangkatkan pada Jumat 1 Juli 2022 pukul 08.00 WIB, terdiri dari 208 jamaah. Dan kloter 43 terdiri dari 39 jamaah akan diberangkatkan pada pukul 23.00 WIB pada hari yang sama.

Perwakilan calhaj, Ngudiarto, saat sambutan melaporkan kondisi tempat latihan manasik yang dinilai kurang memadai. Oleh karenanya, pihaknya berharap pemkab segera merealisasikan dan menyelesaikan bangunan Purbalingga Islamic Center (PIC).

“Kondisi saat latihan manasik di Sanggaruli park becek dan kurang memadai, saya minta pemkab untuk segera menyelesaikan PIC (Purbalingga Islamic Center) sehingga calhaj dapat mengikuti latihan manasik di PIC,” ujarnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Empat Jamaah Haji Embarkasi Surabaya Wafat di Tanah Suci

61,81 Persen Jamaah Haji Indonesia Miliki Resiko Kesehatan Tinggi

Calon Jamaah Haji tak Bisa Berbahasa Indonesia Jadi Tantangan Petugas

Wagub Jateng Salurkan Sejumlah Bantuan ke Purbalingga

356 Jamaah Calon Haji Banyumas Diberangkatkan ke Tanah Suci

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark