Banyak Prospek Kerja, Prodi Geografi UMP Bisa Jadi Pilihan

Rep: Idealisa Masyrafina/ Red: Yusuf Assidiq

Kampus UMP.
Kampus UMP. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Program Studi (Prodi) Pendidikan Geografi Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) nampaknya cocok bagi calon mahasiswa baru yang masih galau dalam memilih prodi. Beberapa fakta ini menjadi bukti jika prodi tersebut merupakan pilihan yang tepat.

Selain sudah terakreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) sejak 2017, Prodi Pendidikan Geografi UMP memiliki banyak prospek kerja.

“Program Studi Pendidikan Geografi mempelajari ilmu bumi beserta kehidupan yang ada di dalamnya. Pengetahuan Geografi meliputi deskripsi, dinamika, saling ketergantungan gejala kebumian, atmosfer, hidrosfer, litosfer, pedosfer, dan perilaku manusia,” kata Kepala Program Studi Pendidikan Geografi UMP, Dr Anang Widhi Nirwansyah.

Lebih lanjut ia mengatakan, yang menjadi pembeda di Prodi Pendidikan Geografi UMP yakni materi pendidikannya. Tidak hanya mempersiapkan menjadi calon guru professional dengan materi utama terkait aspek kependidikan seperti kurikulum, strategi pembelajaran, pendidikan karakter, evaluasi pembelajaran, dan metodologi penelitian pendidikan.

Mahasiswa juga dibekali skill utama di bidang pengolahan data geospasial. Banyak materi perkuliahan yang terkait seperti aplikasi system informasi geografi, SIG untuk kebencanaan, SIG untuk pengelolaan sumberdaya. Beberapa materi juga disampaikan dalam bahasa Inggris seperti GIS for marine and coastal area.

“Lulusan Prodi Pendidikan Geografi akan memperoleh gelar Sarjana Pendidikan (SPd). Selain dapat bekerja menjadi guru di SMP dan SMA. Mereka dapat bekerja menjadi staf konsultan atau peneliti baik di instansi pemerintah maupun swasta karena sudah dibekali dengan kompetensi Analisis Kartografi dan Analis Kewilayahan/Kebencanaan,” jelasnya.

Lebih jauh Anang mengatakan, lulusan Prodi Pendidikan Geografi  juga dibekali dengan kemampuan kewirausahaan yang bergerak di bidang pendidikan, seperti bimbel atau les privat, dan dapat mendirikan jasa konsultasi pembuatan peta tematik.

Dijelaskan, ketika akan lulus nanti, setiap calon lulusan Prodi Pendidikan Geografi UMP dibekali dengan Sertifikasi Kompetensi Analis Kartografi dan Analis Kewilayahan/Kebencanaan yang dikeluarkan oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) sehingga peluang kerja semakin terbuka lebar.

“Lulusan tidak hanya menjadi pengajar, namun bisa menjadi profesi lain di berbagai bidang baik pada instansi pemerintah maupun swasta, misalnya sebagai staf di BNPB, BMKG, BIG, Bappeda, pemerintah daerah provinsi/kabupaten, surveyor di tambang atau perkebunan khususnya di luar Jawa, dan masih banyak lainnya,” jelasnya.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Geografi UMP Buka Kesempatan Beasiswa untuk Calon Mahasiswa

Prodi Geografi UMP Petakan Hutan Adat Bersama Suku Orang Rimba

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark