Tips Menjaga Kolesterol Saat Idul Adha

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Yusuf Assidiq

Salah satu olahan daging kambing, satai kambing.
Salah satu olahan daging kambing, satai kambing. | Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Ahli gizi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Lailatul Muniroh mengingatkan batasan mengkonsumsi berbagai olahan daging hewan kurban, agar kolesterol tidak meninggi. Menurutnya, konsumsi daging berlemak secara berlebihan berpotensi meningkatkan kolesterol darah.

Maka dari itu, perlu dilakukan langkah preventif untuk menurunkan kolesterol saat Idul Adha. Laila menjelaskan, langkah preventif pertama yang dapat dilakukan adalah dengan memperbanyak konsumsi buah dan sayur yang tinggi serat seperti strawberry, pisang, pir, apel, jeruk, wortel, dan brokoli. “Serat dapat melarutkan kolesterol jahat,” ujarnya, Senin (11/7/2022).

Laila juga menganjurkan untuk memperbanyak mengonsumsi sayur dari jenis kacang-kacangan seperti kacang polong dan buncis yang banyak mengandung serat larut, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Selain itu, ia juga menganjurkan mengonsumsi kacang-kacangan yang rendah lemak seperti almond dan walnut yang dapat mengurangi kadar kolesterol jahat.

Langkah preventif selanjutnya adalah dengan cara memilih daging sapi tanpa lemak, dan menghindari pengolahan dengan menggorengnya. Langkah lain yang juga menurutnya dapat dilakukan adalah dengan sarapan oatmeal.

Oatmeal kaya akan nutrisi sekaligus sumber serat larut yang dapat menurunkan kadar kolesterol. Oatmeal juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. “Selain itu, rutin berolahraga juga dapat membantu menurunkan kolesterol jahat,” ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Ponpes Assalaam Sukoharjo Bagikan Daging 38 Hewan Kurban

Panitia Kena Tipu, Penerima Qurban Mushala Bukittinggi Dapat Daging Bantuan

Dalam Sebulan, Polres Sukabumi Amankan Ribuan Botol Miras

Sleman Temukan Satu Sapi Kurban Bergejala PMK

Memahami Realitas Kurban dan Semangat Berkurban

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark