Jumat 05 Aug 2022 03:47 WIB

Dinkes Pamekasan: Cakupan Imunisasi Polio Anak Terkendala Covid-19

Hingga saat ini imunisasi polio baru mencapai 3.334 anak.

Dinkes Pamekasan: Cakupan Imunisasi Polio Anak Terkendala Covid-19 (ilustrasi).
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Dinkes Pamekasan: Cakupan Imunisasi Polio Anak Terkendala Covid-19 (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PAMEKASAN -- Cakupan imunisasi polio pada anak di Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur terkendala COVID-19, sehingga perlu upaya ekstra agar pelaksanaan imunisasi sesuai target, kata Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) pada Dinas Kesehatan (Dinkes) Pamekasan Hidayat.

"Hingga saat ini imunisasi polio pada anak baru mencapai 3.334 dari total 13.872 anak yang menjadi sasaran imunisasi," katanya di Pamekasan, Kamis (5/8/2022).

Baca Juga

Ia menjelaskan sebanyak 13.872 anak yang menjadi sasaran imunisasi meliputi imunisasi oral polio vaksin sebanyak 6.030 anak dan imunisasi suntik polio vaksin sebanyak 7.842 anak. "Sedangkan dari masing-masing target itu, untuk imunisasi oral polio vaksin baru sebanyak 1.892 anak, sedangkan untuk imunisasi suntik polio vaksin baru mencapai 1.442 anak," katanya.

Pihaknya kini terus berupaya untuk meningkatkan cakupan imunisasi tersebut. Di antaranya dengan melibatkan peran aktif petugas lapangan, seperti petugas puskesmas, bidan desa dan kader posyandu dengan cara datang langsung ke rumah-rumah warga.

 

Sebelumnya Kepala Dinkes Pamekasan Saifuddin menyatakan, imunisasi merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan ketahanan tubuh anak dari berbagai jenis penyakit. Melalui program ini juga diharapkan kekebalan tubuh anak meningkat, apalagi Kabupaten Pamekasan tercatat sebagai salah kabupaten di Jawa Timur dengan tingkat prevalensi kasus balita kerdil tinggi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement