BPBD Salurkan 20 Ribu Liter Air Bersih untuk Dusun Kropoh

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Yusuf Assidiq

Petugas BPBD Kabupaten Semarang melakukan droping air bersih untuk membantu kesulitan warga Dusun Kropoh, Desa Gogodalem, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (10/8). Sebanyak 287 kepala keluarga (KK) dengan jumlah warga mencapai 882 jiwa mulai kesulitan mengakses ai bersih akibat dampak musim kemarau kali ini.
Petugas BPBD Kabupaten Semarang melakukan droping air bersih untuk membantu kesulitan warga Dusun Kropoh, Desa Gogodalem, Kecamatan Bringin, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Rabu (10/8). Sebanyak 287 kepala keluarga (KK) dengan jumlah warga mencapai 882 jiwa mulai kesulitan mengakses ai bersih akibat dampak musim kemarau kali ini. | Foto: Dokumen

REPUBLIKA.CO.ID, UNGARAN -- Warga yang tinggal di sejumlah wilayah kecamatan yang terdampak musim kemarau di Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, mulai mengalami krisis air bersih untuk mencukupi kebutuhan harian mereka.

Setelah salah satu fasilitas pendidikan di wilayah Desa Rembes, Kecamatan Bringin, mengalami krisis air bersih, giliran warga Dusun Kropoh, Desa Gogodalem, Kecamatan Bringin, juga mengalami krisis air bersih pula.

Guna mengatasi persoalan dampak musim kemarau ini, perangkat desa setempat telah mengajukan permohonan bantuan droping air bersih kepada warga dusun tersebut.

Adanya permohonan ini diamini oleh Plt Kepala Pelaksana Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Semarang, Mohammad Maskuri, yang dikonfirmasi di Ungaran, Kabupaten Semarang.

Menurutnya, ada ratusan warga Dusun Kropoh yang saat ini mulai mengalami kesulitan mendapatkan air bersih, akibat dampak musim kemarau kali ini.

Berdasarkan assesmen yang dilakukan relawan BPBD, jelasnya, tercatat dampak musim kemarau dialami oleh 287 kepala keluarga (KK) dengan jumlah warga mencapai 882 jiwa.

Maskuri menegaskan, BPBD langsung melakukan droping air bersih sebanyak empat tangki, yang masing-masing tangki berkapasitas 5.000 liter. Sehingga, total bantuan air bersih yang hari ini disalurkan BPBD untuk ratusan KK warga Dusun Kropoh mencapai 20 ribu liter.

Droping air bersih ini dilakukan di sejumlah titik tempat penampungan air bersih, yang selama ini dimanfaatkan bersama-sama oleh warga yang ada di lingkungan Dusun Kropoh.

Alhamdulillah, proses penyaluran bantuan air bersih dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Semarang  berjalan lancar dan diharapkan dapat membantu mengurangi kesulitan warga setempat dalam mengakses kebutuhan air bersih,” jelas dia.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


PLN Bantu Masyarakat Lombok Tengah Keluar dari Kesulitan Air Bersih

Minimnya Air Bersih dan Jambat Picu Stunting di Lebak

Akses Air Bersih di DKI Jakarta 94 Persen Dipasok dari Luar Daerah

BPBD DKI Siapkan Air Baku dari Waduk Antisipasi Krisis Air

Aksi Demo Tuntut Layanan Air Bersih

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark