Pemkab Batang: 686 Tenaga Kerja Asing Urus KTP

Red: Muhammad Fakhruddin

Pemkab Batang: 686 Tenaga Kerja Asing Urus KTP (ilustrasi).
Pemkab Batang: 686 Tenaga Kerja Asing Urus KTP (ilustrasi). | Foto: Republika/Prayogi

REPUBLIKA.CO.ID,BATANG -- Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Batang Wilopo menyebutkan jumlah tenaga kerja asing yang mengurus pembuatan kartu tanda penduduk sudah mencapai 686 orang.

"Akan tetapi, berdasarkan laporan tembusan dari 10 perusahaan sebagai tenaga kerja asing per 8 Agustus, ada 201 warga negara asing yang bekerja di daerah ini," katanya di Batang, Jawa Tengah, Kamis (11/8/2022).

Menurut dia, warga negara asing ini antara lain ada yang bekerja di PT Bhimasena Power Indonesia (BPI), Pabrik tekstil Primatex, Black and Veatch IC, dan Sumitomo Corporation.

"Kami memperkirakan jumlah tenaga kerja asing akan terus bertambah dengan banyak berdirinya perusahaan asing di kawasan industri Kabupaten Batang," kata Wilopo.

Baca Juga

Kepala Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Batang Agung Wisnu Barata mengatakan sistem pendataan warga negara asing (WNA) di daerah ini memang masih lemah karena terjadinya perbedaan data jumlah WNA di sejumlah instansi.

"Kami akan melakukan langkah konkrit dengan membuat surat kepada perusahaan dan meminta camat agar melaporkan keberadaan orang asing di wilayahnya," katanya.

Ia mengatakan untuk permasalahan ketertiban terkait warga negara asing hingga saat ini belum ada pelaporan. Namun jumlah WNA cukup banyak, hingga mencapai ratusan orang.

"Oleh karena itu, perlu ada koordinasi hingga komunikasi terkait informasi keberadaan orang asing di daerah ini untuk menjaga keamanan wilayah Kabupaten Batang," katanya.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...
 

Terkait


Pemkab Batang Siap Tuntaskan Kasus Kekerdilan

Cara Cek Status E-KTP Online

Pemkab Batang Targetkan 2.600 Guru Honorer Jadi PPPK

Antisipasi Rob, Pemkab Batang Kaji Bangun Tanggul Sungai

Aksi Koalisi Buruh Migran di Kedubes Malaysia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark