Para Pilot Antusias Telomoyo Cup Kembali Dihelat

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Seorang pilot Gantole asal Jawa Tengah lepas landas dari launching pad di Gunung Gajah, Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, kabupaten Semarang untuk melakukan fun fly bersamaan dengan acara pembukaan Telomoyo Cup IV 2022, baru- baru ini.
Seorang pilot Gantole asal Jawa Tengah lepas landas dari launching pad di Gunung Gajah, Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, kabupaten Semarang untuk melakukan fun fly bersamaan dengan acara pembukaan Telomoyo Cup IV 2022, baru- baru ini. | Foto: Republika/Bowo Pribadi

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Sebanyak 44 pilot –sebutan atlit olahraga dirgantara-- dari sembilan provinsi di tanah air bakal ambil bagian dalam Kejuaraan Terbuka Gantole Telomoyo Cup VI, yang akan digelar di gunung Telomoyo, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, 12 – 17 September mendatang.

Mereka bakal menjadikan kejuaraan terbuka ini sebagai ajang untuk pemanasan sekaligus untuk menjajal kekuatan para rival yang akan turun pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI Aceh- Sumetera Utara 2024 mendatang.

Humas dan Koordinator Media Piala Telomoyo VI, Tagor Siagian mengungkapkan, ke-44 pilot yang turun pada Kejuaraan Terbuka Telomoyo Cup VI mewakili Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur dan Sumatera Barat.

“Mengingat tahun depan (2023) merupakan ajang Pra PON (untuk menentukan atlit yang berhak lolos mengikuti cabang Gantole) di PON XXI, maka mereka akan mematangkan persiapan pada kejuaraan Telomoyo Cup VI ini,” jelasnya, dalam keterangan pers yang diterima Republika, Selasa (6/9).

Baca Juga

Tagor juga menyampaikan, setelah dua tahun absen akibat pandemi, Telomoyo Cup VI kembali akan melombakan nomor Race To Goal (lintas alam terbatas).

Sedangkan untuk memantapkan kawasan gunung Telomoyo Sebagai pusat olahraga dirgantara di Indonesia, pada penyelenggaraan Telomoyo Cup VI ini juga digelar seri II Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Lintas Alam Terbatas Paralayang di Gunung Gajah.

“Untuk pelaksanaan Seri II Kejurnas paralayang telah dimulai tanggal 5 September 2022 kemarin dan akan berakhir pada 9 September 2022 mendatang,” tegasnya.

Sementara itu, peraih tiga medali emas PON XX Papua 2021 asal Jawa Barat, Ayat Supriatna sangat antusias mengikuti Piala Telomoyo VI 2022, kendati sejumlah pilot asing urung berpartisipasi  dalam kejuaraan terbuka kali ini.

Menurutnya tantangan alam di gunung Telomoyo cukup tinggi, sangat cocok untuk terbang lintas alam dan uji stamina. “Di Telomoyo, para  pilot juga dipaksa untuk mengeluarkan semua kemampuan dan teknik yang dikuasai,” jelas pilot berusia 36 tahan ini.

Inilah yang menjadi alasan Telomoyo Cup selalu dianggap Sebagai kejuaraan penting oleh para pengurus gantole Jawa Barat. “Sehingga pada penyelnggaraan kali ini menyiapkan 12 pilot untuk Kelas Terbuka dan Kelas Floater,” tambahnya.

Sementara Andre Kartowisastro (51), pilot DKI Jaya menambahkan, pada kejuaraan Telomoyo Cup kali DKI Jakarta menurunkan enam orang pilot.

“Guna menghadapi kejuaraan Telomoyo Cup VI ini, kami telah mempersiapkan diri dengan berlatih dua kali sepekan di Lapangan Udara TNI AU Atang Senjaya, Bogor,” tambahnya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
 

Terkait


Ketepatan Mendarat Gantole PON Papua

Lomba Ketepatan Mendarat Cabor Gantole PON Papua

Kalsel Kirim Dua Atlet Gantole ke PON XX Papua

Disbudpar Ciamis Berencana Buat Wisata Paralayang

Basarnas: Atlet Gantole Sumbar Ditemukan Selamat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

[email protected]

Ikuti

× Image
Light Dark