Delapan Produk UMKM Binaan Rumah Zakat Raih Sertifikat Halal

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Muhammad Fakhruddin

Delapan Produk UMKM Binaan Rumah Zakat Raih Sertifikat Halal (ilustrasi).
Delapan Produk UMKM Binaan Rumah Zakat Raih Sertifikat Halal (ilustrasi). | Foto: Anadolu Agency

REPUBLIKA.CO.ID,YOGYAKARTA -- Sebanyak delapan produk-produk UMKM binaan Rumah Zakat berhasil mendapatkan sertifikat halal dari Badan Penjaminan Jaminan Produk Halal. Hal ini merupakan bagian dari bentuk pendampingan yang dilaksanakan oleh Rumah Zakat.

Pendampingan diberikan kepada anggota-anggota pelaku UMKM yang dibina. Legalitas produk sendiri merupakan satu bagian dari rangkaian dalam program pemberdayaan ekonomi UMKM, selain diberikan dalam bentuk bantuan-bantuan modal usaha.

Selain itu, disalurkan melalui sarana usaha, strategi pemasaran, manajemen keuangan bisnis dan lain-lain. Branch Manager Rumah Zakat Yogyakarta, Warnitis berharap, kehadiran sertifikat halal menjadi daya dukung bagi produk UMKM.

"Untuk bisa memiliki daya saing di pasaran dan menjadi jaminan halal atas produk yang dijual," kata Warnitis melalui rilis yang diterima Republika, Kamis (22/9).

Baca Juga

Sertifikat halal yang diperoleh tidak lepas dari bantuan donatur yang menitipkan amanah zakat dan infaknya melalui Rumah Zakat. Sehingga, bisa dioptimalkan untuk pemberdayaan ekonomi agar memberikan dampak berkelanjutan bagi penerima manfaat.

Pendamping Pemberdayaan Ekonomi dari Rumah Zakat Yogyakarta, Yudiyanto menilai, ini salah satu usaha agar kualitas produk UMKM lebih baik. Akhirnya, membuka peluang perluasan cakupan pasar dan akses masyarakat terhadap produk UMKM.

"Sehingga, harapannya pelaku UMKM yang didampingi bisa naik kelas," ujar Yudiyanto.

Sebelumnya, dalam peringatan HUT 77 Republik Indonesia lalu, Rumah Zakat turut berkolaborasi pula mengadakan Festival Kuliner. Yang mana, digelar sekaligus dalam rangka memperingati Hari UMKM Nasional yang diperingati setiap 12 Agustus.

Pada kesempatan itu, sebanyak 26 UMKM-UMKM yang ada di Kalurahan Giwangan mengikuti kegiatan yang berlangsung di Bendhung Lopen. Wahana wisata keluarga pinggir Sungai Gajah Wong ini jadi lokasi yang tempat untuk memasarkan UMKM.

Turut dimeriahkan dengan UMKM Berbagi, yang merupakan program dari Bummas Gerai Berdaya yang memiliki unit usaha Rumah Abon dan Bakpia. UMKM Berbagi ini diisi pembagian voucher belanja gratis yang turut membantu UMKM-UMKM di Bendung Lepen. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Sandiaga Ajak Wisatawan Pilih Destinasi Wisata Halal Lokal daripada ke Turki

Cikal Bakal Munculnya Wisata Halal

Baznas Yogyakarta Dampingi UMKM Urus Sertifikasi Halal

PDMI Diminta Perkuat Penelitian Produk Halal

140 UMKM di Kota Bogor Ikuti Sosialisasi Sertifikasi Halal

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark