Rabu 17 Feb 2021 14:17 WIB

Mahasiswa UAD Laksanakan KKN 'New Reality'

Kegiatan KKN dimulai sejak awal Februari hingga 2 Maret 2021.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Yusuf Assidiq
Kampus UAD Yogyakarta.
Foto: Yusuf Assidiq.
Kampus UAD Yogyakarta.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Yogyakarta melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) dengan mengusung tema 'New Reality'. KKN ini digelar dengan mengombinasikan antara luring dan daring di tengah pandemi Covid-19.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) UAD, Anton Yudhana mengatakan, KKN ini hanya dimaksimalkan di wilayah DIY. Kegiatan KKN dimulai sejak awal Februari hingga 2 Maret 2021 nanti.

"Jika agenda KKN secara luring akan dilakukan sesuai dengan protokol kesehatan dan tidak menimbulkan kerumunan," kata Anton.

Lokasi KKN tersebar di beberapa kecamatan di Kabupaten Bantul, Kulonprogo, dan Gunungkidul. Di Bantul, lokasi KKN dilakukan di Kecamatan Pleret, Kretek, Sewon, Kasihan, dan Bambanglipuro

Di Kulonprogo, KKN dilaksanakan di Kecamatan Nangulan dan Sentolo. Sedangkan, lokasi KKN di Gunungkidul dilaksanakan di Kecamatan Patuk.

 "Adapun kegiatan secara luring dibatasi setiap minggunya, serta mahasiswa tidak diperkenankan menginap di tempat KKN," jelasnya.  

Ia menurutkan, ada beberapa program yang dijalankan mahasiswa selama KKN. Namun, program KKN dititikberatkan pada aspek kesehatan dan kebersihan lingkungan.

"Mahasiswa KKN Reguler New Reality melakukan kegiatan penyuluhan kesehatan mengenai Covid-19 hingga pendampingan UMKM di dukuh masing-masing" ujarnya.

Selain itu, juga dilakukan penyediaan fasilitas terkait penerapan protokol kesehatan di lokasi KKN. Seperti penyediaan tempat cuci tangan, tempat sampah dan pembagian hand sanitizer kepada penduduk di lokasi KKN.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement