Rabu 17 Feb 2021 20:44 WIB

UMM Kampus Islam Terbaik di Dunia 2021 Versi UniRank

UMM, UMY, UMS, dan UII masuk daftar peringkat 10 kampus Islam teratas di dunia 2021.

 Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih peringkat pertama daftar universitas Islam top dunia 2021 versi UniRank.
Foto: Republika/Erik Purnama Putra
Kampus Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) meraih peringkat pertama daftar universitas Islam top dunia 2021 versi UniRank.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Salah satu kampus milik Muhammadiyah menorehkan prestasi membanggakan. Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menduduki posisi nomor satu di dalam daftar 2021 Top Islamic Universities versi UniRank yang dirilis pada Rabu (18/2).

UniRank adalah lembaga pembuat rangking perguruan tinggi internasional yang berbasis di Sydney, Australia. Lembaga ini setiap tahunnya, merilis survei perguruan tinggi terbaik di dunia. Sebagai kampus Islam terbaik, UMM mengalahkan University of Science and Technology dari Iran dan Cairo University dari Mesir di urutan kedua dan ketiga.

Urutan keempat kembali dihuni kampus milik Muhammadiyah, yaitu Univeritas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY). Di peringkat kelima, dihuni Umm Al-Qura University dari Arab Saudi. Sedangkan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Islam Negeri (UIN) Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Universitas Islam Indonesia (UII) berurutan di daftar kedelapan, kesembilan, dan ke-10.

Dikutip dari laman resmi www.4icu.org, daftar kampus Islam terbaik merujuk tiga faktor. Pertama, diakreditasi oleh organisasi pendidikan tinggi yang sesuai di setiap negara. Kedua, menawarkan setidaknya gelar sarjana empat tahun, atau gelar pascasarjana (gelar magister dan doktoral). Ketiga, memberikan kursus terutama dalam format pendidikan tradisional, tatap muka, dan nonjarak jauh

"Tujuan kami adalah untuk menyediakan tabel liga nonakademik dari universitas Islam top di dunia berdasarkan metrik web yang valid, tidak bias, dan tidak dapat dipengaruhi, yang disediakan oleh sumber intelijen web independen dari data yang dikirimkan oleh universitas itu sendiri," begitu penjelasan UniRank terkait penyusunan daftar universitas Islam terbaik di dunia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement