Solo Gelar Vaksinasi Tahap Kedua Mulai Akhir Februari

Rep: Binti Sholikah/ Red: Dwi Murdaningsih

Petugas medis menyiapkan vaksin Sinovac yang akan disuntikkan kepada tenaga kesehatan saat Vaksinasi COVID-19 tahap kedua di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bung Karno, Solo, Jawa Tengah, Kamis (28/1/2021). Kota Solo menerima 15.500 dosis vaksin Sinovac untuk tenaga kesehatan yang telah disuntik vaksin tahap pertama.
| Foto: ANTARA/Maulana Surya

DKK telah menyusun konsep pembagian kuota penerima vaksin bagi pelaksana vaksinasi. Saat ini, DKK telah menunjuk 38 fasilitas kesehatan (faskes) sebagai pelaksana vaksinasi Covid-19.

Siti menjabarkan konsep tersebut yakni, dari jumlah sasaran vaksin akan dibagi kepada puskesmas dan rumah sakit pelaksana vaksinasi. Misalnya, RSUD dr Moewardi sekian dan RSUD Bung Karno sekian.

"Meskipun tulisannya vaksinasi bisa dimana saja, tapi kalau saya tidak mengatur bisa-bisa terjadi kerumunan. Misalnya guru dapat data 500, itu nomor 1-200 ke Puskesmas Gilingan, nomor 200-400 di Puskesmas Susukan, dan sebagainya," terang Siti.

Secara terpisah, Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) DKK Solo, Tenny Setyoharini, mengatakan vaksinasi dosis kedua bagi tenaga kesehatan (nakes) masih belum selesai hingga pekan kedua Februari. Capaiannya di angka 90 persen. Saat ini, proses vaksinasi masih terus berjalan.

"Targetnya sampai akhir Februari ini, mengingat rentang dosis pertama dan kedua untuk nakes lansia 28 hari. Berbeda dengan nakes yang di bawah 60 tahun rentangny hanya 14 hari," ucap dia.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Keteteran Mengejar Target Vaksinasi

Sasaran Vaksin Tahap Kedua di Bekasi Mencakup Lebih Luas

Tren Kasus Positif Covid-19 Turun, Ini Penjelasan Menkes

Sandiaga Harap Pelaku Pariwisata Dapat Prioritas Vaksin

Delirium Bisa Jadi Gejala Covid-19, Apa Saja Cirinya?

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark