Senin 22 Feb 2021 18:26 WIB

UMS Masuk 10 Besar Perguruan Tinggi Islam se-Dunia

Sebelumnya pada 2020, UMS juga masuk 10 besar dengan posisi urutan nomor 5.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi
Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).
Foto: Humas UMS
Gedung Edutorium Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS).

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) kembali masuk 10 besar Kampus Islam Terbaik di dunia. Kali ini UMS menduduki urutan nomor 8 kampus Islam terbaik di dunia tahun 2021 versi UniRank. 

Menurut Rektor UMS, Sofyan Anif, ini bukan kali pertama UMS masuk 10 besar. Sebelumnya pada 2020, UMS juga masuk 10 besar dengan posisi urutan nomor 5. "Malah pada saat itu UMS menjadi satu-satunya kampus Muhammadiyah yang masuk rangking 10 besar," kata Sofyan Anif seperti tertulis dalam siaran pers, Senin (22/2).

Dia mengakui tahun ini ada sedikit penurunan dari tahun sebelumnya lantaran ada sedikit kendala input data pada sistem di Kantor Urusan Internasional UMS sehingga ada beberapa data kerjasama internasional yang belum masuk. "Hal ini saya rasa yang  turut memengaruhi perangkingan," ujarnya.

Rektor menyatakan, secara kualitas dan jumlah peminat mahasiswa asing, saat ini UMS memiliki banyak mahasiswa asing dari berbagai negara. Tercatat lebih dari 160 mahasiswa asing dari berbagai negara di Asia dan Eropa yang kuliah di kampus yang berpusat di Pabelan, Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah tersebut.

 

Meski sedikit menurun, Sofyan Anif tetap bangga UMS masih bisa memertahankan peringkat di 10 besar perguruan tinggi Islam terbaik di dunia. Selanjutnya, dia bersama civitas akademika UMS akan berupaya mewujudkan UMS sebagai perguruan tinggi kelas dunia (World Class Universtiy) pada 2029. Sehingga, reputasi UMS bukan hanya di tingkat nasional, melainkan juga bisa berprestasi di kancah internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement