Pemeriksaan GeNose 19 Kini Ada di Stasiun Purwokerto

Red: Ani Nursalikah

Pemeriksaan GeNose 19 Kini Ada di Stasiun Purwokerto. Proses pengujian Covid-19 dengan GeNose C19.
| Foto: Wihdan Hidayat / Republika

Menurut dia, hasil pemeriksaan yang menunjukkan negatif berlaku 3x24 jam sejak dikeluarkan dan dapat digunakan di seluruh stasiun keberangkatan KA jarak jauh. Khusus untuk keberangkatan selama libur panjang atau libur keagamaan, kata dia, sampelnya diambil dalam kurun waktu maksimal 1x24 jam sebelum jam keberangkatan.

"Biaya pemeriksaan GeNose C19 hanya sebesar Rp 20 ribu. Tes ini tidak diwajibkan bagi pelanggan di bawah usia 5 tahun," katanya.

Hendra mengatakan ke depan, PT KAI (Persero) akan menambah layanan pemeriksaan GeNose C19 secara bertahap di stasiun lainnya sehingga total akan tersedia di 44 stasiun sesuai dengan arahan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Oleh karena itu, PT KAI (Persero) akan terus berkoordinasi dengan Rajawali Nusindo serta UGM Yogyakarta guna memastikan kesiapan layanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun lainnya.

"Meskipun peminat GeNose C19 tinggi, KAI tetap menyediakan layanan tes cepat antigen yang tersebar di 45 stasiun," kata Hendra.

GeNose ini merupakan opsi atau pilihan yang dapat dipilih pelanggan untuk melakukan pengecekan kesehatan selain tes cepat antigen dan PCR untuk memenuhi syarat perjalanan naik KA jarak jauh. Sedangkan lokasi pemeriksaan GeNose terletak di pintu keluar sisi barat Stasiun Purwokerto.

 

Salah seorang calon penumpang kereta api, Raka mengaku senang dengan adanya layanan pemeriksaan GeNose C19 di Stasiun Purwokerto karena lebih murah jika dibandingkan dengan tes cepat antigen. "Pelaksanaan pemeriksaan GeNose C19 juga lebih mudah dan nyaman jika dibandingkan tes antigen," kata dia yang hendak menuju Banyuwangi.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Sri Lanka Kembali Umumkan Akhiri Kremasi Paksa

Filipina Perpanjang Karantina Parsial

Dubai Perpanjang Antisipasi Covid-19 Hingga Awal Ramadhan

Vaksin Covid-19, Menkes: Kita Beruntung Bisa Dapat Duluan

Jamaah Positif Covid-19, Saudi Tutup 10 Masjid

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark