Ahad 07 Mar 2021 11:48 WIB

Peluang Lulusan FTI Unissula Terserap Kerja Kian Terbuka

Unissula telah menandatangani sejumlah akta nota kerjasama dengan PT Nihon Seiki Ind

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Fernan Rahadi
Kampus Unissula.
Foto: Dokumen
Kampus Unissula.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Lulusan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) kini kian berpelung menjadi tenaga siap kerja dan terserap oleh salah satu industri suku cadang elektronik dan otomotif di tanah air.

FTI Unissula telah menandatangani nota kesepakatan (MoA) dengan PT Nihon Seiki Indonesia, sebagai implementasi kolaborasi antara perguruan tinggi dengan dunia industri, baru- baru ini.

"Wilayah yang dikerjasamakan FTI Unissula dengan PT Nihon Seiki Indonesia, antara lain meliputi praktik pemagangan mahasiswa serta keterserapan lulusan dalam dunia kerja," ungkap Rektor Unissula, Bedjo Santoso, di Semarang, Ahad (7/3).

Menurutnya, dalam rangka memperkuat kemitraan serta kolaborasi antara Perguruan Tinggi dengan industri, Unissula telah menandatangani sejumlah akta nota kerjasama dengan PT Nihon Seiki Indonesia.

Penandatanganan kerjasama tersebut, dilakukan oleh Rektor Unissula, Drs Bedjo Santoso MT PhD bersama dengan General Manager (GM) PT Nikon Seiki Indonesia, Widodo Bodro Husodo SE, di kampus Unissula, Jumat (5/3) pekan kemarin.

Kerja sama antara Unissula dengan industri ini merupakan salah satu implementasi dari optimalisasi peran universitas, sebagai lembaga pendidikan yang memiliki tugas Tridarma perguruan tinggi.

Kerja sama ini merupakan upaya untuk memperkuat kemitraan dan kolaborasi antara Unissula dengan industri dalam transfer pengetahuan, dalam rangka menjawab tantangan dunia kerja ke depan.

"Melalui nota kesepakatan kerjasama ini, memunginkan bagi industri --yang berpusat di Cikarang, Kota Bekasi-- tersebut untuk menyerap tenaga kerja lulusan dari FTI Unissula," tegas Rektor Unissula.

Selain MoU dan MoA, masih lanjut Bedjo Santoso, pada kesempatan yang sama juga dilakukan penandatanganan Implementation Arrangement dengan Lembaga Pengembangan Kemahasiswaan dan Alumni tentang penyelenggaraan hiring day.

"Hiring day akan dilaksanakan Sabtu (5/3) yang akan memfasilitasi mahasiswa Unissula dapat melaksanakan tes tertulis dan interview langsung dengan General Manajer (GM) PT Nikon Seiki Indonesia," katanya.

Sementara itu, turut mengadiri penandatanganan kerjasama tersebut, Wakil Rektor I, Umar Ma’ruf; Dekan Fakultas Teknologi Industri, Novi Marlyana; Wakil Dekan I Fakultas Teknologi Industri, Andre Sugiyono.

Penandatanganan penguatan kerja sama perguruan tinggi dengan industri PMA Jepang tersebut juga disaksikan oleh jajaran dekanat FTI Unissula lainnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement