Kamis 11 Mar 2021 06:26 WIB

10 Camilan Terbaik dan Terburuk Menurut Ahli Gizi

Camilan sebelum tidur dibutuhkan bagi sebagian orang.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Nora Azizah
Camilan sebelum tidur dibutuhkan bagi sebagian orang.
Foto: Flickr
Camilan sebelum tidur dibutuhkan bagi sebagian orang.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Rasa lapar dan ingin mengemil terkadang muncul di malam hari, meski sebelumnya seseorang sudah menyantap makan malam. Di sisi lain, ada anggapan bahwa makan larut malam tidak baik untuk kesehatan. Bagaimana menyiasatinya?

"Bila Anda lapar di malam hari, Anda perlu menyantap sesuatu," jelas ahli gizi keluarga Sarah Pflugradt MS RD, seperti dilansir Eating Well, Rabu (10/3).

Baca Juga

Pflugradt mengatakan makan di malam hari tidak akan memperlambat metabolisme. Selain itu, cemilan sebelum jam tidur juga sebenarnya dibutuhkan oleh orang-orang yang mungkin makan malam dengan porsi kecil atau makan malam di waktu yang lebih awal.

Akan tetapi, seseorang yang mengemil di malam hari cenderung lebih memilih makanan yang lebih tinggi kalori dan kurang bergizi. Pemilihan makanan atau cemilan yang tidak tepat ini dapat menganggu kontrol gula darah di dalam tubuh. Tidak memilih cemilan malam dengan tepat juga dapat memicu terjadinya kenaikan berat badan.

Agar dampak ini bisa dihindari, seseorang yang ingin mengemil di malam hari perlu memilih cemilan dengan bijak. Upayakan memilih cemilan malam yang mengandung serat, protein, dan lemak sehat dibandingkan cemilan yang mengandung gula dan minyak. Berikut ini adalah lima cemilan malam terbaik dan lima yang terburuk menurut ahli gizi.

 

Terbaik: String Cheese

String cheese merupakan cemilan yang memiliki kandungan protein cukup baik. Satu strik string cheese bisa mengandung 7 gram protein dan 100 kalori. Protein dalam string cheese dapat membantu memberikan perasaan kenyang.

 

Terbaik: Kacang-Kacangan

Salah satu jenis kacang yang cocok untuk menjadi cemilan larut malam adalah kenari. Kenari diketahui mengandung melatonin, senyawa yang dapat menunjang tidur dengan lebih baik. Kenari juga mengandung magnesium, mineral yang dapat menenangkan aktivitas saraf dan mempermudah seseorang untuk tidur.

Jenis kacang lainnya yang juga tak kalah baik sebagai cemilan di malam hari adalah pistachio. Kacang ini juga kaya akan melatonin serta serat dan protein. Kandungan serat dan protein dapat memberikan perasaan kenyang lebih lama. Sebaiknya pilih produk kacang yang tidak ditambahi garam atau hanya ditambahi sedikit garam.

 

Terbaik: Yogurt Yunani dengan Buah

Yogurt Yunani atau Greek yogurt mengandung probiotik yang baik untuk usus serta protein yang dapat memberikan rasa kenyang serta membantu menstabilkan gula darah. Yogurt Yunani cocok disajikan dengan buah seperti cherry yag kaya melatonin atau berry yang kaya akan serat.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement