'Banyak Faktor Tentukan Proposal Penelitian Diterima'

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi

Penelitian (ilustrasi)
Penelitian (ilustrasi) | Foto: ANTARA FOTO/Moch Asim

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Peninjau nasional penelitian Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM), Prof Dadan Rosana mengatakan, ada banyak faktor menentukan diterima atau tidaknya serta didanai atau tidaknya suatu proposal penelitian. Jadi, tidak sekadar kualitas.

"Banyak yang gugur, berkualitas tapi tidak taat asas," kata Dadan saat mengisi pelatihan Strategi dan Trik Penulisan Proposal Penelitian yang diselenggarakan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Sabtu (13/3).

Ia menuturkan, ada syarat-syarat agar proposal diterima dan didanai. Pertama, syarat administratif yang menyangkut kesesuaian format, jumlah kata setiap bagian, penulisan sitasi, dan surat-surat keterangan yang wajib dipenuhi.

Kedua, syarat kompetensi ketua penelitian dasar. Salah satu poin ketua pengusul harus memiliki jejak publikasi dua artikel di basis data terindeks bereputasi atau jurnal nasional terakreditasi peringkat 1-2 sebagai penulis pertama.

Dapat pula tiga buku atau tiga buku hasil penelitian ISBN sebagai penulis pertama yang diterbitkan penerbit IKAPI atau setara penerbit internasional. Jumlah publikasi yang dimiliki ketua tim juga akan mempengaruhi skor proposal.

Ketiga, syarat kompetensi ketua penelitian terapan yang tentunya memiliki perbedaan dari penelitian-penelitian dasar. Salah satu perbedaannya harus memiliki mitra calon pengguna yang relevan dengan produk-produk penelitian.

"Keempat, syarat kompetensi ketua penelitian pengembangan. Ini lebih sulit dari syarat-syarat sebelumnya, yakni harus memiliki mitra investor yang berkomitmen mendanai 10 persen dari dana yang diajukan dalam bentuk tunai," ujar Dadan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku republika ...

Terkait


100 Studi Ilmiah Dibahas Forum Riset Haji Umroh ke-20 Saudi

Potret Masyarakat Urban Jakarta dalam Perangkat Digital

Cara Efektif Melakukan Penelitian di Masyarakat

Kembangkan Kampus Riset Sebagai Bagian dari Dakwah

6 Kampus Terima Pendanaan Riset dari Norwegia

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark