Kecuali Cabai, Bahan Pokok di Sleman Masih Stabil

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi

| Foto:

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, melakukan pemantauan peninjauan ketersediaan komoditas bahan pokok menjelang Ramadhan 2021 ke Pasar Gamping. Peninjauan dilakukan bersama Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) DIY.

Ia mengatakan, peninjauan dilakukan di Pasar Gamping karena merupakan salah satu pasar yang masuk kategori pasar besar yang ada di Kabupaten Sleman. Turut didatangi sejumlah pedagang yang menjajakan sembako dan kebutuhan pokok lain.

"Ketersediaan bahan pokok maupun harga bahan pokok saat ini relatif stabil. Hanya ada beberapa yang mengalami kenaikan seperti cabai," kata Danang, Selasa (23/3).

Danang menduga, permintaan masyarakat yang mengalami penurunan sampai 30-50 persen jadi salah satu permasalahan bagi pedagang pasar. Namun, banyak pula faktor yang menyebabkan terjadinya penurunan permintaan bahan pokok masyarakat.

"Di antaranya aktivitas masyarakat yang berkurang seperti rumah makan belum buka semuanya dan banyak faktor lainnya," ujar Danang.

Terkait komoditas tertentu seperti cabai yang mengalami kenaikan harga, Danang menilai, itu banyak dipengaruhi hasil petani yang belum stabil. Kondisi itu sendiri karena cuaca yang tidak menentu, sehingga harganya belum stabil.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekda DIY, Tri Saktiyana menuturkan, hasil peninjauan ketersediaan dan harga bahan pokok di Pasar Gamping Sleman memiliki kesamaan dengan Bantul. Yaitu, harga komoditas cabai rawit merah tidak stabil.

"Namun, hari ini sudah mulai turun. Kemarin, saya lihat masih harga Rp 110 ribu per kilogram, tapi di sini saya mendapatkan harga Rp 100 ribu per kilogram," kata Tri.

Tri menambahkan, Pasar Gamping bisa menjadi salah satu tolak ukur ketersediaan dan harga bahan pokok saat ini. Sebab, letaknya strategis berdekatan dengan perbatasan Kabupaten Sleman, Kabupaten Bantul dan Kota Yogyakarta. 

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Harga Cabai Meroket, Berkah bagi Petani

Jelang Ramadhan, Harga Cabai di Kota Yogyakarta Naik

Jelang HBKN, Kementan Pantau Kondisi Luas Tanam Cabai Garut

Pemkot Depok Ajak Warganya Budidaya Cabai

Harga Cabai Rawit Merah di Indramayu Tembus Rp 120 Ribu

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark