Senin 29 Mar 2021 17:23 WIB

Daop 6 Yogyakarta Tambah Tiga Stasiun Layani Tes GeNose

Sebelumnya, pemeriksaan GeNose hanya bisa diakses di tiga stasiun.

Calon penumpang Kereta Api (KA) mengembuskan nafasnya pada kantong untuk dites dengan GeNose C19 di stasiun.
Foto: Antara/Fakhri Hermansyah
Calon penumpang Kereta Api (KA) mengembuskan nafasnya pada kantong untuk dites dengan GeNose C19 di stasiun.

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Jumlah stasiun di wilayah kerja PT KAI Daop 6 Yogyakarta yang memberikan layanan pemeriksaan GeNose ditambah tiga stasiun. Sehingga total terdapat enam stasiun di wilayah kerja tersebut yang bisa melayani pemeriksaan Covid-19 untuk syarat bepergian menggunakan kereta api.

"Layanan pemeriksaan GeNose bisa diakses di Stasiun Wates, Klaten, dan Purwosari mulai Selasa (30/3)," kata Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi 6 Yogyakarta, Supriyanto, di Yogyakarta, Senin (29/3).

Sebelumnya, pemeriksaan GeNose hanya bisa diakses di tiga stasiun yaitu Stasiun Tugu Yogyakarta, Lempuyangan, dan Solo Balapan. Tarif yang ditetapkan untuk pemeriksaan tersebut tetap sama yaitu Rp 30 ribu per penumpang.

Penambahan layanan pemeriksaan GeNose di tiga stasiun di Daop 6 merupakan bagian dari penambahan layanan di 21 stasiun secara serentak. Seperti di Stasiun Banjar, Tasikmalaya, Jatibarang, Pekalongan, Cepu, Gombong, Kebumen, Sidareja, Kroya, Blitar, Kediri, Kertosono, Nganjuk, Lamongan, Mojokerto, dan Probolinggo.

 

Penambahan layanan GeNose tersebut merupakan hasil kerja sama antara KAI dan Indofarma melalui anak perusahaannya Farmalab. Dengan tambahan tersebut, maka saat ini sudah ada 44 stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose.

Pemeriksaan menggunakan GeNose untuk penumpang kereta api sudah diawali pada Februari, salah satunya dari Stasiun Tugu Yogyakarta. "Penyediaan GeNose yang terus diperbanyak merupakan komitmen kami dalam memberikan pelayanan bagi penumpang untuk memenuhi syarat bepergian menggunakan kereta api,” katanya.

Ia mengatakan, penumpang antusias memanfaatkan pemeriksaan menggunakan GeNose karena proses pemeriksaannya mudah, cepat, dan biayanya pun cukup murah sehingga terjangkau dan tidak memberatkan calon penumpang kereta api.

“Syarat bisa mengakses layanan GeNose di stasiun adalah menunjukkan tiket atau kode booking. Hasil pemeriksaan GeNose di 44 stasiun dapat dimanfaatkan untuk naik kereta jarak jauh,” katanya. Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 340 ribu pemeriksaan yang dilakukan menggunakan GeNose di seluruh stasiun.

sumber : Antara.
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement