Sofyan Anif Dilantik sebagai Rektor UMS Periode 2021-2025

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi

Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sofyan Anif.
Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sofyan Anif. | Foto: Dok UMS

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Sofyan Anif dilantik sebagai Rektor Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) periode 2021-2025, di Gedung Edutorium UMS, Kamis (8/4). Pada jabatan periode kedua ini, Sofyan Anif memprioritaskan tujuh hal sebagai program pengembangan UMS selama empat tahun ke depan.

Dalam pidatonya, Sofyan Anif menjelaskan keberhasilan program pada periode pertama. Sedangkan program yang masih di bawah target bakal dikuatkan pada jabatannya di periode kedua. Termasuk menguatkan program-program yang mendukung pada akselerasi perwujudan visi UMS sebagai pusat unggulan iptek yang Islami dan pemberi arah perubahan. Penjabaran visi tersebut dalam kerangka terukur berupa universitas berkelas dunia (world class university) yang ditargetkan pada 2029.

"Dalam perjalanan milestone perkembangan UMS dalam kurun waktu 2017–2021, UMS telah berkembang dan mencapai reputasi nasional maupun internasional dalam standar kualifikasi yang telah ditetapkan," jelas Sofyan Anif dalam pidatonya.

Guru Besar bidang Manajemen Pendidikan UMS tersebut mengungkapkan, program pengembangan UMS untuk empat tahun ke depan akan lebih diprioritaskan pada tujuh hal. Pertama, pengembangan tata kelola kelembagaan yang lebih modern dan profesional. Kedua, pengembangan sumber daya manusia yakni dosen dan tenaga kependidikan. Selanjutnya, pengembangan dan peningkatan program reputasi akademik yang mencakup pengembangan kurikulum dan peningkatan kualitas pembelajaran berbasis kampus merdeka-merdeka belajar, peningkatan akreditasi BN-PT dan akreditasi internasional, peningkatan kualitas pengelolaan jurnal UMS, serta peningkatan artikel publikasi ilmiah bereputasi.

Program prioritas selanjutnya yakni penguatan kerja sama luar negeri, peningkatan kerja sama persyarikatan, pengembangan unit-unit usaha, dan peningkatan kesejahteraan.

Kerja sama luar negeri tersebut termasuk menambah mahasiswa asing yang berkuliah di UNS serta menambah mahasiswa UMS yang dikirim ke luar negeri. "Kemarin sudah lebih dari 65 mahasiswa kami kirim ke Taiwan, Filipina, dan Australia, nanti kami tambah lagi," kata Sofyan Anif kepada wartawan seusai prosesi pelantikan.

Setelah dilantik, program yang bakal dilakukan yakni pemilihan wakil rektor pada akhir Mei. Selanjutnya, pemilihan dekan dan biro setingkat akhir Juni. "Baru saya nanti rapat koordinasi untuk menjustifikasi pidato saya tadi kalau saya mau memberikan prioritas ke penguatan kerja sama luar negeri apa programnya, baru kita nanti breakdown ke rencana strategis tahun ini berapa persen, tahun selanjutnya berapa persen," katanya.

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini

Terkait


Rektor UMS Minta Lulusan Memiliki Softskill

UMS Izinkan Praktikum Mahasiswa Mulai Bulan Depan

UMS Gelar Praktikum Mahasiswa Mulai Mei

UMS Berhasil Unggah 721 Proposal PKM ke Laman Simbelmawa

UMS Belum Gelar Kuliah Tatap Muka dalam Waktu Dekat

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark