Jumat 09 Apr 2021 19:31 WIB

Pameran Virtual Pasarkan Produk UMKM Surabaya ke Dunia

Pameran virtual ini menjadi momentum kebangkitan UMKM Surabaya.

Pameran Virtual Pasarkan Produk UMKM Surabaya ke Dunia (ilustrasi).
Foto: M Agung Rajasa/ANTARA
Pameran Virtual Pasarkan Produk UMKM Surabaya ke Dunia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SURABAYA -- Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi mengatakan diadakannya pameran virtual bertajuk Surabaya Fashion Craft and Culinary Expo 2021 di Kota Surabaya pada 9-11 April 2021 guna memasarkan produk UMKM ke tingkat dunia.

"Makanya semua sister city Surabaya diundang untuk mengikuti acara pembukaan itu," kata Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat membuka pameran UMKM virtual di Balai Kota Surabaya, Jumat (8/4).

Menurut dia, pameran virtual ini menjadi momentum kebangkitan UMKM Surabaya dan langsung membidik pasar mancanegara atau Internasional. Makanya, lanjut dia, pada saat pembukaan itu diundang pula secara daring kepada konsul dan dubes dari berbagai negara yang menjalin sister city dengan Kota Surabaya.

"Kita ingin sebagai pemerintah jadi marketing dan fasilitator supaya UMKM di Kota Surabaya ini terus bergerak dan bisa menggerakkan ekonomi Kota Surabaya," katanya.

 

Bahkan, ia juga menjelaskan pameran virtual ini akan menjadi jalan supaya produk-produk UMKM Surabaya bisa ekspor. Beberapa produk UMKM seperti Semanggi memang sudah ekspor, tapi produk lainnya belum banyak, makanya melalui pameran ini di-branding terus supaya bisa ekspor. "Jadi, targetnya memang semakin banyak lagi UMKM yang masuk platform digital, sehingga mereka bisa menembus pasar internasional," kata Eri.

Selain itu, Eri menjelaskan bahwa pameran virtual ini menjadi momentum kebangkitan UMKM Surabaya. Sebab, ia tidak ingin hanya karena pandemi COVID-19, UMKM di Surabaya tidak bisa bergerak dan ekonomi tidak bergerak, makanya inilah momentum kebangkitannya.

"Nah, yang memberikan contoh adalah pemimpin di Kota Surabaya, yaitu wali kota dan jajarannya, seperti yang saya pakai sekarang ini, mulai dari sepatu, baju batik dan gelang, semua adalah produk UMKM," katanya.

Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Surabaya Rini Indriyani menyampaikan terima kasih banyak kepada Wali Kota Surabaya yang telah membantu terselenggaranya acara ini. Ia memastikan pameran virtual yang melibatkan 154 UMKM itu akan menarik karena para pengunjung akan merasakan sensasi jalan-jalan, mengunjungi gerai UMKM, dan bahkan berbelanja produk-produk UMKM Surabaya dengan mudah.

"Kami tidak hanya menggelar pameran, tapi juga ada berbagai penampilan seni budaya dan workshop serta demo memasak, sehingga tidak akan bosan meskipun digelar melalui virtual. Silahkan klik: https://virtualexpoukm.surabaya.go.id untuk mengikuti pameran ini," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement