Senin 12 Apr 2021 18:30 WIB

Pasien Covid-19 di Purbalingga yang Sembuh 5.013 Orang

Pendataan dilakukan sebagai tolak ukur upaya penanganan Covid-19.

Pasien Covid-19 di Purbalingga yang Sembuh 5.013 Orang (ilustrasi).
Foto: www.freepik.com
Pasien Covid-19 di Purbalingga yang Sembuh 5.013 Orang (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PURBALINGGA -- Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, menginformasikan bahwa jumlah pasien terkonfirmasi COVID-19 di wilayah setempat yang telah dinyatakan sembuh hingga 12 April 2021 sebanyak 5.013 orang.

Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono menjelaskan sesuai data terbaru jumlah total kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah ini sebanyak 5.300. Dari 5.300 tersebut, 5.013 di antaranya telah dinyatakan sembuh, 233 meninggal dunia, 40 orang melakukan isolasi mandiri dan 14 orang lainnya masih dirawat di sejumlah fasilitas kesehatan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Purbalingga, kata dia, terus melakukan pendataan secara berkala guna mendapat gambaran mengenai perkembangan penanganan COVID-19 di wilayah itu. "Minimal setiap satu pekan sekali kami selalu menginformasikan perkembangan terkini kasus COVID-19 di wilayah Purbalingga kepada seluruh masyarakat," katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Senin (12/4).

Dia juga menambahkan bahwa pendataan dilakukan sebagai tolak ukur upaya penanganan yang selama ini telah dilakukan dan juga sebagai bagian dari upaya pengendalian COVID-19. Pihaknya juga terus menggencarkan sejumlah upaya untuk mempercepat penanganan COVID-19, yakni program 3T dan juga vaksinasi.

 

"Upaya penanganan COVID-19 terus dilakukan sambil menjalankan program vaksinasi yang berlangsung dengan lancar hingga saat ini," katanya.

Selain itu, kata dia, Dinas Kesehatan Purbalingga juga masih intensif melakukan upaya 3T, yaitu pemeriksaan (testing), pelacakan (tracing) dan pengobatan (treatment). Hanung juga kembali mengingatkan bahwa penerapan program 3T masih perlu didukung dengan penerapan 3M di tengah masyarakat, yaitu dengan cara memakai masker, menjaga jarak dan juga mencuci tangan.

"Kami juga kembali mengingatkan bahwa meskipun program vaksinasi saat ini terus berjalan, namun protokol kesehatan masih harus diperkuat, tidak boleh kendur," katanya.

Untuk itu Pemkab Purbalingga kembali mengajak masyarakat di wilayah setempat untuk ikut berperan aktif dalam program percepatan penanganan COVID-19. Selain itu, untuk menjaga kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan, pihaknya juga masih terus melakukan operasi tertib masker di seluruh kecamatan.

"Semoga upaya pengendalian COVID-19 di wilayah ini dapat berjalan sesuai dengan harapan," katanya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement