Sleman Resmikan Bangsal Titik Kumpul Sayur

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Ratna Puspita

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo.
Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo. | Foto: Instagram/@kustinisripurnomo

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemkab Sleman meresmikan bangsal titik kumpul sayur perkumpulan petani hortikultura puncak Merapi. Bangsal CSR dari PT Bank BPD DIY ini berlokasi di Pedukuhan Bunder, Kelurahan Purwobinangun, Kecamatan Pakem.

Bupati Sleman, Kustini Purnomo, mengapresiasi BPD DIY yang telah berpartisipasi meningkatkan pembangunan di Kabupaten Sleman. Ia berharap, bangsal ini dapat semakin meningkatkan dinamika pertanian dan perekonomian Kabupaten Sleman.

"Titik kumpul sayur ini akan memberikan kesempatan bertemunya petani dengan pengecer maupun pedagang besar sayuran. Saat ini tercatat anggota titik kumpul sayur cukup banyak yakni mencapai 100 orang," kata Kustini, Senin (12/4).

Ia berpendapat, program seperti ini harus terus digiatkan ke depannya. Sebab, tanggung jawab sosial perusahaan seperti ini akan memberikan keuntungan kepada kedua belah pihak dan memberikan manfaat kepada masyarakat, khususnya petani.

Baca Juga

Dirut Bank BPD DIY, Santoso Rohmad, menyatakan komitmen untuk tidak semata memikirkan keuntungan perusahaan, tapi juga berbagai dengan masyarakat. Ia berharap, bangsal memberi petani kesempatan menjual produk secara kolektif.

Sehingga, lanjut Santoso, nantinya dapat meningkatkan keuntungan bagi petani itu sendiri. Ia melihat, lewat bangsal titik kumpul ini pula petani akan bisa mendapat kepastian kualitas hasil pertanian, produk terjual, dan pembayaran.

"Kepastian ini sangat penting karena petani bisa berdaya jika bersatu dan mendapat dukungan dari bank," ujar Santoso.

Ia turut berharap petani-petani bisa lebih inovatif, tidak berhenti kepada usaha berskala kecil. Sebab, menurut Santoso, petani dapat menjual produk pertanian dengan nilai lebih seperti lewat sentra wisata produk pertanian atau lainnya. 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Pekan Ini Merapi Muntahkan 13 Guguran Awan Panas

Disdik Sleman: ASPD Bukan Penentu Kelulusan Siswa

Gelar Budaya Titis Agung Kembali Digelar di Sleman

DIY Tambah 272 Kasus Baru Covid-19, 116 Kasus di Sleman

Jelang Ramadhan, Ketersediaan BBM dan Elpiji di Sleman Aman

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark