Kamis 15 Apr 2021 06:00 WIB

BI Jatim Siapkan Rp 11,5 T untuk Ramadhan dan Idul Fitri

BI Jatim tidak membuka layanan penukaran kas keliling pada tahun ini.

Rep: Dadang Kurnia/ Red: Nidia Zuraya
Penukaran uang tunai Lebaran 2021. Penukaran uang menjelang perayaan lebaran Idul Fitri hanya dilayani melalui kantor perbankan.
Foto: Tim Infografis Republika.co.id
Penukaran uang tunai Lebaran 2021. Penukaran uang menjelang perayaan lebaran Idul Fitri hanya dilayani melalui kantor perbankan.

REPUBLIKA.CO.ID, SURABAYA -- Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Jawa Timur menyiapkan uang kas Rp 11,5 triliun dalam menyambut bulan suci Ramadhan dan lebaran Idul Fitri 2021. Deputi Kepala Perwakilan BI Jatim, Imam Subarkah mengatakan besaran uang kas yang disiapkan tersebut berdasarkan koordinasi yang dilakukan Bank Indonesia dengan perbankan, dan juga setelah melalui pengecekan kebutuhan nasabah. 

"Walaupun ada larangan mudik dan PPKM namun tetap ada pergerakan ekonomi dan itu artinya ada kebutuhan tambahan uang,” kata Imam di Surabaya, Rabu (14/4).

Baca Juga

Imam mengatakan, penukaran uang menjelang perayaan lebaran Idul Fitri hanya dilayani melalui kantor perbankan. Hal itu dilakukan guna menghindari kerumunan dan mencegah penularan Covid-19. Artinya, kata dia, penukaran kas keliling tidak dibuka tahun ini.

"Tapi masyarakat bisa menukarkan uang seusai kebutuhan lewat perbankan. Kami sudah koordinasi dengan semua bank, dan masyarakat tidak perlu khawatir kalau butuh pecahan tertentu," ujar Imam.

Imam juga mengingatkan agar masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan saat melakukan penukaran uang di bank. Ketika terjadi antrean di bank tertentu, Imam meminta masyarakat bisa mencari bank lain.

"Untuk tahun ini, meskipun ada pembatasan namun perekonomian sudah mulai bergerak. Jalur transportasi sudah terbuka. Begitu juga tempat wisata," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement