Kamis 15 Apr 2021 15:17 WIB

Tim Gabungan Temukan Bahan Pangan Kadaluarsa di Purwokerto

Bahan pangan tersebut ditemukan petugas saat melakukan inspeksi mendadak.

Tim Gabungan Temukan Bahan Pangan Kedaluwarsa di Purwokerto (ilustrasi).
Foto: Wihdan Hidayat / Republika
Tim Gabungan Temukan Bahan Pangan Kedaluwarsa di Purwokerto (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,PURWOKERTO -- Petugas gabungan yang berasal dari Polresta Banyumas, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, dan Loka POM Banyumas menemukan sejumlah bahan pangan tidak layak pakai maupun kedaluwarsa di salah satu gudang distributor sembako.

Bahan pangan tersebut ditemukan petugas saat melakukan inspeksi mendadak dengan mendatangi salah satu gudang distributor sembako di Jalan Gerilya Timur, Purwokerto Selatan, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Kamis (15/4).

Saat ditemui wartawan di sela kegiatan, Sekretaris Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Banyumas Erni Indri Astuti mengatakan pihaknya bersama instansi terkait lainnya melakukan pemantauan terhadap ketersediaan bahan pangan selama Ramadhan hingga lebaran.

"Kami melakukan pemantauan, baik stok barang maupun kondisi barang kaitannya dengan masa kedaluwarsa, izinnya, dan sebagainya," ucap-nya.

 

Sementara itu, Kepala Satuan Reserse Kriminal Polresta Banyumas Komisaris Polisi Berry mengatakan berdasarkan hasil pemantauan di gudang penyimpangan bahan pangan tersebut, pihaknya menemukan bahan pangan tidak layak pakai karena kemasannya rusak termasuk beberapa makanan yang telah kedaluwarsa.

Selain itu, kata dia, tidak ada pemisahan yang baik antara tempat penyimpanan barang-barang yang tidak layak dan barang-barang siap didistribusikan. Bahkan, gudang tersebut tidak memiliki pengolahan limbah yang memadai sehingga kurang higienis.

Lebih lanjut, Kompol Berry mengatakan pihaknya mengambil alat bukti berupa sampel sejumlah makanan yang telah kedaluwarsa."Kami juga akan melakukan klarifikasi kepada pemilik gudang terkait temuan kami," katanya.

Disinggung kemungkinan adanya sanksi atau lainnya, dia mengatakan pihaknya akan melihat perkembangan ke depan. Menurut dia, Polresta Banyumas bersama instansi terkait lainnya akan terus memantau ketersediaan bahan pangan di gudang-gudang yang lain. "Jangan sampai nanti pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri, barang-barang yang tidak layak ini tetap dijual atau beredar di masyarakat. Ini yang kami antisipasi," ujarnya.

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement