Tim Gabungan Periksa Gudang Makanan di Purwokerto

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq

Petugas memeriksa makanan di lokasi gudang makanan.
Petugas memeriksa makanan di lokasi gudang makanan. | Foto: Republika/Mahmud Muhyidin

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Tim gabungan dari Polresta, BPOM, dan Dinperindag, melakukan pemeriksaan di satu bangunan gudang Jalan Gerilya Purwokerto, Jawa Tengah, Kamis (15/4). Dari pemeriksaan di gudang yang khusus menyimpan makanan dan bahan baku makanan itu, petugas menemukan sejumlah bahan makanan yang sudah tidak layak konsumsi.

''Kita belum tahu apakah barang ini akan dijual lagi, atau memang sudah disingkirkan oleh pemiliknya ke gudang karena sudah tidak layak konsumsi,'' jelas Kasatreskrim Polresta Banyumas, Kompol Berry.

Untuk itu, dia akan memeriksa lebih lanjut mengenai temuan ini. ''Kalau dijual lagi, jelas menyalahi ketentuan karena beberapa barang tersebut memang sudah melewati barang kedaluarsa,'' jelasnya.

Menurutnya, barang yang diketahui sudah melampaui batas waktu kadaluarsa, terdiri dari beberapa jenis makanan ringan dalam kemasan. Selain itu, juga ada beberapa bahan makanan yang sebenarnya belum kadaluarsa namun sudah tidak layak konsumsi karena kondisi kemasannya rusak.

''Seperti beras yang dibungkus dalam kemasan kantong plastik 5 kg, sebenarnya masih belum kadaluarsa. Namun karena kemasannya sudah rusak, kondisi berasnya juga sudah tidak baik,'' katanya.

Selain menemukan bahan makanan yang sudah tidak laik konsumsi, Kasatreskrim juga menyebutkan kondisi gudang yang tidak memenuhi standar sanitasi. ''Kondisi gudang untuk menyimpan makanan mestinya tidak lembab seperti ini,'' katanya. Untuk itu, dia minta agar pemilik gudang bisa memperbaiki kondisi gudangnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini

Terkait


Polresta Banyumas: Operasi Candi untuk Disiplin Prokes

Game Online Edukasi Mitigasi Bencana Dikembangkan

Siswa Peserta PTM Diatur Sesuai Rombongan Kelas

Penghuni Rumah yang Digeledah Densus 88 Jarang Bergaul

Kontingen UMP Raih Dua Juara Umum Kejurnas Tapak Suci

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark