Senin 19 Apr 2021 15:36 WIB

Terminal Bulupitu Purwokerto Dilengkapi Layanan GeNose

Saat ini, hanya satu alat yang ditempatkan di Terminal Purwokerto.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Calon penumpang meniupkan nafas ke dalam kantong untuk di tes menggunakan alat GeNose C19.
Foto: Antara/Ardiansyah
Calon penumpang meniupkan nafas ke dalam kantong untuk di tes menggunakan alat GeNose C19.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Menjelang Lebaran, Terminal Kelas IA Bulupitu Purwokerto, Jawa Tengah, dilengkapi alat deteksi dini Covid-19 GeNose.

''Ini alatnya baru datang beberapa hari lalu. Setelah diseting, alat GeNose baru mulai dioperasikan hari ini,'' jelas pengelola administrasi perkantoran Terminal Bus Bulupitu Ahmad Yusuf Ismail, Senin (19/4).

Menurutnya, alat GeNose ini merupakan perangkat bantuan yang ditempatkan Direktorat Jenderal (Ditjen) Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan di Terminal Bulupitu. Saat ini, hanya satu alat yang ditempatkan di Terminal Purwokerto.

"Tujuannya, untuk mengeliminir penularan penyakit Covid 19 di kalangan penumpang angkutan umum dari dan menuju terminal Purwokerto,'' jelasnya.

Bila dari pemeriksaan GeNose ditemukan penumpang yang positif covid, maka pada penumpang tersebut diminta untuk menunda perjalanan. Selain itu, juga akan diminta agar menindak-lanjuti hasil pemeriksaan GeNose dengan tes antigen.

Mengingat baru digunakan, Yusuf menyatakan, penggunaan GeNose juga baru dilakukan sekali pada Senin (19/4) mulai pukul 09.00. Saat itu, pihaknya melakukan pemeriksaan gratis terhadap 23 calon penumpang dan awak bus. ''Alhamdulillah, tidak ada yang menunjukkan hasil positif,'' jelasnya.

Ia menyatakan, dengan adanya alat ini, pihaknya merencanakan untuk memberikan pelayanan pemeriksaan gratis menggunakan GeNose. Rencananya, pemeriksaan gratis pada para calon penumpang dan awak angkutan, akan dilakukan pada sekitar 10-20 orang per hari.

''Pemeriksaan pada 10-20 orang ini, dilakukan sebagai sampel. Rencananya, kegiatan pemeriksaan gratis ini akan dilakukan hingga masa lebaran nanti,'' jelasnya.

Namun dia menyebutkan, tidak menutup kemungkinan, penggunaan GeNose ini juga akan digunakan setelah lebaran. ''Bisa saja selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, pemeriksaan menggunakan GeNose pada calon penumpang akan terus dilakukan. Tergantung perkembangannya nanti,'' kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement