Kamis 22 Apr 2021 16:04 WIB

Akuntabilitas Kinerja Pemkab Banyumas Terbaik se-Jateng

Predikat BB ini merupakan yang terbaik di Jawa Tengah

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Fernan Rahadi
Pemkab Banyumas.
Pemkab Banyumas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANYUMAS -- Akuntabilitas kinerja Pemkab Jateng menjadi yang terbaik di Jateng. Hal ini menyusul keluarnya hasil penilaian Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) atas penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). 

"Dalam penilaian tersebut, Pemkab Banyumas mendapat predikat BB. Predikat BB ini merupakan yang terbaik di Jawa Tengah," jelas Sekda Banyumas Wahyu Budi Saptono, Kamis (22/4).

Atas prestasi tersebut, Pemkab berhak mendapat penghargaan berupa SAKIP Award. Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri PAN/RB, Tjahyo Kumolo di Hotel Bidakara Jakarta.

Sekda Banyumas menyebutkan, Pemkab Banyumas setiap tahun mengikuti  pelaksanaan penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Kementerian PAN RB. "Tahun lalu kita juga sudah mendapat penghargaan yang sama. Tahun ini, ternyata bisa memperoleh penghargaan ini lagi," katanya.

Menurutnya, keberhasilan tersebut  merupakan hasil kerja dari ASN dan seluruh komponen pemerintah dengan terus membudayakan kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja ikhlas dari seluruh jajarannya. "Semoga ini menjadi motivasi bagi seluruh ASN di Banyumas untuk meningkatkan kinerja sehingga ke depannya dapat meraih predikat A," katanya

Kepala Bagian Organisasi Setda Kabupaten Banyumas Rintawati Sandra Dewi, mengatakan predikat BB ini seperti yang diraih tahun sebelumnya. Yang berbeda, nilai SAKIP 2020 yang diperoleh Pemkab Banyumas menjadi yang tertinggi se-Jawa Tengah. "Total nilai yang diraih mencapai 74,96," jelasnya.

Selain Pemkab Banyumas, Rintawati menyebutkan, tiga wilayah lain di Jateng juga sukses meraih predikat BB. Ketiga kabupaten itu terdiri dari Pemkab Cilacap, Wonogiri dan Kota Pekalongan. Sementara kabupaten/kota lainnya masih berada pada kategori B dan CC.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement