Jumat 23 Apr 2021 08:30 WIB

UMY Urutan ke-15 Nasional THE Impact Rangkings

Dari 17 poin SDGs yang ditetapkan PBB, UMY meraih empat poin.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Fernan Rahadi
Kampus UMY
Foto: Republika/Eric Iskandarsjah Z
Kampus UMY

REPUBLIKA.CO.ID, BANTUL -- Kampus Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) turut berperan dan berdampak dalam keberlangsungan dan kesejahteraan masyarakat. Ini dibuktikan kesuksesan UMY masuk ke pemeringkatan Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2021.

UMY berhasil menduduki peringkat 15 dalam skala nasional dan peringkat 801-1.000 dalam skala dunia. Sekaligus, menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Muhammadiyah dan Aisyiyah (PTMA) yang masuk dalam pemeringkatan yang didasari SDGs tersebut.

Kepala Bidang Pengembangan Organisasi BPP UMY, Evi Rahmawati mengatakan, dari 17 poin SDGs yang ditetapkan PBB, UMY meraih empat poin yaitu zero hunger, good health and wellbeing, clean water and sanitation, dan partnership for the goals.

"Ini merupakan salah satu hasil dari apa yang sudah dilakukan UMY selama ini," kata Evi, Kamis (22/4).

Ia menekankan, prestasi yang pertama kali diraih UMY dalam THE Impact Rankings ini jadi bukti UMY memiliki komitmen terhadap standar internasional. Sekaligus, menjadi lebih bisa bersaing dalam skala internasional dengan adanya pengakuan.

Ke depan, Evi menambahkan, BPP akan rutin lakukan pengecekan soal keberlanjutan untuk UMY. Ia berharap, UMY mendatang bisa memasukkan unsur-unsur SDGs dalam semua standar fasilitas dan kebijakan yang ada, sehingga dapat berkontribusi.

"Sebagai bonus, dalam pemeringkatan selanjutnya UMY Insya Allah akan lebih mudah meraih peringkat," ujar Evi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement