Rabu 28 Apr 2021 16:06 WIB

HUT 105 Tahun, Sleman Gelar Operasi Katarak Gratis

Pelaksanaan operasi katarak dilakukan beberapa sesi demi menghindari kerumunan.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Yusuf Assidiq
Salah seorang penderita katarak saat mengikuti operasi.
Foto: Republika/Tahta Aidilla
Salah seorang penderita katarak saat mengikuti operasi.

REPUBLIKA.CO.ID, SLEMAN -- Pemkab Sleman, DIY, memperingati hari ulang tahun ke-105. Menggandeng RSUD Sleman dan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Sleman, peringatan dilakukan dengan mengadakan operasi katarak gratis, khususnya kepada warga kurang mampu.

Direktur RSUD Sleman, dr Cahya Purnama mengatakan, bakti sosial berupa operasi katarak ini memang rutin dilaksanakan RSUD Sleman setiap peringatan HUT Sleman. Agenda kali ini menyasar masyarakat kurang mampu dengan total pasien 40 orang.

"Pelaksanaan operasi katarak akan dilakukan beberapa sesi demi hindari kerumunan pada masa pandemi, yang pertama lima orang dulu, sisanya Mei. Mungkin nanti akan kita laksanakan lagi satu atau dua kali lagi," kata Cahya, Rabu (28/4).

Ia berharap, dengan operasi katarak gratis masyarakat yang tadinya terganggu aktivitasnya bisa lebih produktif lagi. Sehingga, dapat lebih meningkat lagi kesejahteraan masyarakat dan memacu laju perekonomian di Kabupaten Sleman.

 

Wakil Bupati Sleman, Danang Maharsa, mengapresiasi bakti sosial lewat operasi katarak tersebut. Ia menilai, kegiatan semacam ini sangat dibutuhkan masyarakat kurang mampu pada peringatan HUT Sleman yang masih dalam kondisi pandemi.

"Ini sudah menjadi tugas kami seluruh komponen Pemkab Sleman. Pada masa pandemi ini, seluruh aspek mempunyai dampak, kita harus bersama-sama, bergotong-royong, sesarengan bangun Sleman," ujar Danang.

Pada kesempatan itu, rombongan meninjau langsung pelaksanaan operasi katarak di Ruang Instalasi Bedah Sentral RSUD Sleman. Hadir pula Ketua Bakti Sosial HUT 105 Kabupaten Sleman, Agung Armawanta, dan Ketua III Baznas Sleman, Muhyi Darmaji.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement