Kamis 29 Apr 2021 16:20 WIB

Berkah Ramadhan, Mahasiswa Baru UMP Bebas SPP

Program ini hanya bisa dimanfaatkan pada rentang waktu 10 hari.

Rep: Eko Widiyatno/ Red: Yusuf Assidiq
Universitas Muhammadiyah Purwokerto.
Foto: UMP
Universitas Muhammadiyah Purwokerto.

REPUBLIKA.CO.ID, PURWOKERTO -- Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) Jawa Tengah, memberi insentif bagi para mahasiswa baru untuk program S-1 maupun S2. Insentif ini, berupa pemberian fasilitas SPP gratis bagi mahasiswa baru dan bebas biaya pendaftaran bagi calon mahasiswa yang mendaftar program studi pasca sarjana.

''Program ini merupakan program berkah Ramadhan yang hanya bisa dimanfaatkan pada rentang waktu 10 hari, mulai 29 Arpil 2021 ini hingga 9 Mei 2021,'' jelas Kepala Bagian Publikasi, Biro Publikasi dan Admisi UMP, Bintaro, Kamis (29/4).

Berdasarkan kebijakan tersebut, maka mahasiswa baru program S1 yang diterima dan mendapat kewajiban membayar SPP pada rentang waktu tersebut, biayanya akan digratiskan. Demikian juga, calon mahasiswa program S-2 yang mendaftar pada rentang waktu itu, hanya tinggal mengisi mendaftar tanpa dikenakan biaya.

Meski demikian, Bintaro menyebutkan, program pembebasan SPP semester 1 ini tidak berlaku untuk Program Studi Sarjana Farmasi dan Pendidikan Dokter. ''Yang lainnya, bebas SPP semester 1, kecuali mahasiswa di dua prodi tersebut,'' jelasnya.

 

Kepala Biro Publikasi dan Admisi UMP, Dr Yudha Febrianta, mengatakan UMP saat ini memiliki lebih dari 45 program studi S-1. Selain itu, UMP juga memiliki lima program profesi, dan beberapa program pasca sarjana atau magister. ''Sebagian besar prodi, terutama yang S1 sudah terakreditasi A,'' katanya.

Ia juga menyebutkan, dalam masa pendaftaran mahasiswa baru, UMP membagi masa pendaftaran dalam tiga gelombang. Gelombang pertama pada November 2020 sampai Maret 2021. Gelombang kedua pada April sampai Juni 2021. Sementara gelombang ketiga pada Juli hingga Agustus 2021.

''Untuk alur pendaftaran untuk semua jalur serta informasi biaya pendaftaran dan biaya pendidikan cukup klik saja di pmb.ump.ac.id dan online.pmb.ump.ac.id untuk membuat akun pendaftaran,'' jelas dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement