Senin 03 May 2021 07:54 WIB

Dubes RI untuk Turki Sebut Jateng Banyak Diminati Investor

Ganjar Pranowo menyambut baik adanya penjajakan kerja sama antara Turki dan Jateng.

Rep: Antara/ Red: Erik Purnama Putra
Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal.
Foto: Republika/ Wihdan
Duta Besar Republik Indonesia untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal.

REPUBLIKA.CO.ID, SEMARANG -- Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Turki, Lalu Muhammad Iqbal menyebut, Provinsi Jawa Tengah (Jateng) banyak diminati oleh investor di Turki karena dinilai mempunyai banyak potensi.

"Tadi saya diskusi soal kerja sama pengolahan pangan, teknologi pascapanen di Jateng. Turki cukup maju dalam teknologi itu, dan minat investasi dalam bidang ini sudah banyak," katanya saat bertemu dengan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di rumah dinas gubernur, Kota Semarang, Ahad (2/5).

Selain itu, dalam pertemuan tersebut juga dibicarakan mengenai kerja sama antara Indonesia-Turki di bidang transportasi listrik, khususnya untuk angkutan umum, sekaligus diskusi mengenai perdagangan antar keduanegara.

"Termasuk kerajinan tangan dari Jateng yang laku keras di Turki. Nanti kami akan bantu pasarkan di sana, termasuk kami bantu investor Turki untuk datang ke Jawa Tengah," ujar Iqbal.

 

Menurut dia, banyak perusahaan di Turki tertarik untuk datang ke Jateng karena ingin melakukan usaha di provinsi yang terkenal dengan iklim investasi yang kondusif. "Kami ingin berkontribusi melakukan sesuatu buat Jateng, apalagi saya melihat gubernur Ganjar memiliki semangat luar biasa dalam mengembangkan potensi-potensi yang ada di provinsi ini," kata Iqbal.

Gubernur Ganjar Pranowo menyambut baik adanya penjajakan kerja sama antara Turki dan Jateng. Ssebab dengan kerja sama itu, produk unggulan Jateng bisa tembus ke pasar internasional.

"Beberapa waktu lalu saya kedatangan Dubes Ceska, selang beberapa hari saya ngobrol virtual dengan Dubes Inggris. Sama, membahas potensi kerjasama dengan kami, maka saya menyambut baik pak Iqbal ini karena potensi kerja sama dengan Turki sangat menjanjikan," ujar politikus PDIP itu.

Selama ini, Ganjar mengaku, memang bersemangat menjalin komunikasi dengan para dubes Indonesia di berbagai negara guna membahas potensi kerja sama yang mungkin bisa dilakukan. Dia senang mendapat respon poisitif dari para dubes.

"Dan semua menyambut baik, kita sering dibantu para dubes itu memasarkan produk unggulan Jateng di berbagai negara, termasuk dibantu memasarkan potensi investasi pada pengusaha di sana," kata Ganjar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement