Rabu 05 May 2021 15:15 WIB

Hari BBI, Blibli Bantu UMKM Raih Potensi Bisnis Ramadhan

Inisiatif pemerintah itu dipandang berdampak positif mendorong pertumbuhan ekonomi.

Blibli (ilustrasi)
Foto: Blibli Hasanah
Blibli (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- E-commerce lokal, Blibli, berpartisipasi dalam perayaan Hari Bangga Buatan Indonesia (Hari BBI) yang jatuh pada hari ini, Rabu (5/5) dengan meluncurkan laman khusus berupa microsite bertema Hari BBI yang berisi kurasi spesial produk-produk UMKM dan brand lokal dengan kualitas terbaik.

"Inisiatif ini merupakan bentuk dukungan Blibli terhadap Hari BBI, yaitu program pemerintah untuk mempercepat pemulihan ekonomi dengan memanfaatkan momentum Ramadhan dan Idul Fitri untuk meningkatkan performa industri UMKM dan brand lokal," ujar VP Galeri Indonesia Blibli, Andreas A Pramaditya, dalam keterangan tertulisnya, Rabu.

Blibli pun melihat bahwa inisiatif pemerintah tersebut akan berdampak positif dalam mendorong pertumbuhan ekonomi nasional karena menyinergikan kekuatan pemain lintas industri, yaitu e-commerce dan UMKM, dalam memaksimalkan aktivitas ritel saat Ramadan dan Idul Fitri yang penuh potensi. 

Andreas mengatakan, sebagai perusahaan berbasis teknologi, Blibli bertujuan menjadi penggerak transformasi digital di Indonesia. "Memperkuat kehadiran dan kinerja UMKM lokal serta brand-brand di platform digital merupakan salah satu cara mewujudkan tujuan kami sebagai e-commerce lokal Indonesia. Partisipasi kami dalam Hari BBI ini diharapkan dapat mendorong terjadinya transaksi antara UMKM dan brand lokal dengan pelanggan yang sudah semakin menggemari hasil produk ciptaan anak bangsa," katanya.

Microsite Hari BBI diluncurkan oleh platform Blibli pada 3 Mei dan akan berlangsung hingga 13 Mei 2021. Microsite tersebut menghadirkan kurasi spesial dari 8 juta lebih produk UMKM dan brand-brand lokal terbaik. Blibli pun akan berkolaborasi dengan lebih dari 350 brand lokal ternama untuk menghadirkan kurasi produk pilihan seperti kuliner, kriya, kecantikan dan kesehatan, fashion lokal dan Muslim, hampers Lebaran, dan elektronik. Pelanggan Blibli dapat menikmati penawaran dari para brand lokal yang sudah dicintai oleh masyarakat Indonesia mulai dari Wardah, Eiger, Brodo, Cosmos hingga Polytron. 

"Blibli menyadari bahwa usaha kami untuk memajukan produk UMKM dan brand lokal membutuhkan kolaborasi antarpihak, mulai dari seller hingga pemerintah. Oleh karena itu, kami akan terus berdiri di jalur terdepan untuk membantu pemerintah dalam menyukseskan program Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan membuka ekosistem e-commerce Blibli yang menyeluruh bagi UMKM dan brand-brand lokal," kata Andreas.

Selain menjadi  platform e-commerce untuk menjangkau pelanggan di seluruh Indonesia, Blibli juga menyediakan infrastruktur logistik dan operasional agar UMKM dan brand-brand lokal dapat melakukan proses order fulfillment dengan mudah dan biaya rendah. Salah satu perwujudan hal tersebut adalah program ongkir gratis dari Blibli untuk semua pengiriman produk UMKM dan brand-brand lokal. Ditambah lagi, Blibli bekerja sama dengan 20 mitra pengiriman untuk menyediakan berbagai opsi pengiriman, termasuk pengiriman cepat seperti 2 Hour Delivery, Instant Delivery, dan Same Day Delivery. Ada pula fasilitas Fulfillment By Blibli (FBB) di mana UMKM dan brand-brand lokal dapat menggunakan jasa end-to-end logistics yang memanfaatkan 20 warehouse dan 32 hub Blibli yang tersebar di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

"Dukungan logistik akan selalu menjadi bagian dari Blibli, selain Galeri Indonesia sebagai kategori khusus bagi UMKM dan pelatihan kewirausahaan yang konsisten dilaksanakan Blibli untuk mengembangkan kemampuan digital para pelaku UMKM dan brand-brand lokal," kata Andreas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement