Senin 17 May 2021 15:05 WIB

Persis Solo Rekrut Eks Kiper Timnas Indonesia

Wahyu berambisi membawa skuat Samber Nyowo menjadi juara.

Rep: Binti Sholikah/ Red: Fernan Rahadi
Wahyu Tri Nugroho
Foto: febiandyana.blogspot.com
Wahyu Tri Nugroho

REPUBLIKA.CO.ID, SOLO -- Penjaga gawang Bhayangkara Solo FC, Wahyu Tri Nugroho (34), resmi kembali ke Solo untuk bergabung dengan Persis Solo. Bergabungnya eks Timnas Indonesia itu ke Laskar Samber Nyawa disiarkan melalui media sosial Persis pada Rabu (12/5).

Penjaga gawang kelahiran Sukoharjo tersebut kembali ke Persis setelah sebelumnya pernah membela Laskar Samber Nyawa selama empat tahun pada 2006-2009 silam. 

Wahyu mulai bermain sepak bola sejak usia 9 tahun di SSB Putra Sukoharjo. Berposisi sebagai penyerang sayap pada awalnya, Wahyu kemudian berpindah ke pos penjaga gawang. Talenta dan performa apiknya sebagai penjaga gawang membawa Wahyu bergabung dengan Tim Jawa Tengah U-15 pada gelaran Piala Hari Olahraga Nasional (Haornas) 2001.

Performa baiknya selama kompetisi membuatnya dipanggil oleh PSSI untuk mengikuti Diklat atau Training Center (TC) PSSI di Medan selama tiga tahun, sebuah program pembinaan pemain muda jangka panjang saat itu. Setelahnya, dia sempat beberapa kali memperkuat Garuda Muda pada ajang internasional termasuk saat mengikuti ajang Kualifikasi Piala Asia U-19.

Karier seniornya di sepak bola Indonesia dimulai sejak 2004 ketika memutuskan mengawal gawang Persiba Bantul di Liga 2. Berada di Bantul hingga 2006, Wahyu memutuskan berpindah ke Persis dan memperkuat Laskar Samber Nyawa selama empat tahun pada 2006-2009. Interval tersebut menjadi masa-masa gemilang Wahyu dan Persis karena berhasil promosi ke kasta tertinggi, Divisi Utama setelah menjadi runner-up Divisi 1 2006.

Setelah itu, Wahyu memutuskan kembali ke Laskar Sultan Agung sebelum akhirnya memperkuat Bhayangkara FC pada 2016. Berlaga bersama Bhayangkara FC, dia sukses mengawal klub meraih juara Liga 1 2017. Total, Wahyu tampil sebanyak 53 kali, kebobolan 54 gol, dan 16 kali nirbobol selama memperkuat Bhayangkara FC.

Kini, eks kiper Timnas Indonesia yang tampil di Piala AFF 2012 tersebut memutuskan untuk pulang ke kampung halaman dan mewujudkan angan yang belum tuntas, menjadi juara.

Wahyu mengungkapkan alasannya bergabung ke Laskar Samber Nyawa karena keseriusan Persis memulangkan dirinya dan juga dukungan dari Bhayangkara FC untuk kembali memperkuat Persis.

"Saya tertantang dengan target Persis lolos Liga 1. Keinginan pribadi saya tidak hanya lolos Liga 1, tetapi menjadi juara. Mengingat saya belum pernah juara bersama Ppersis, hanya menjadi runner up ketika Final Liga 2 2006 melawan Persebaya. Rasanya akan komplit karir saya jika itu menjadi nyata," terangnya seperti dikutip dari laman resmi Persis Solo, Senin (17/5).

Wahyu rencananya akan menjadi penjaga gawang nomor satu Laskar Samber Nyawa. Pengalaman dan kisah lampaunya bersama Persis kala berhasil membawa klub ini promosi ke kasta tertinggi diharapkan akan menjadi katalis semangat dan motivasi pemain lain di musim ini.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement