Jumat 21 May 2021 01:57 WIB

70 Persen Lahan Kawasan Industri Batang Fase 1 untuk Korsel

Fase pertama Kawasan Industri Terpadu Batang seluas 450 hektare.

Menteri Investasi Bahlil Lahadalia (ketiga kiri) didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kedua kanan), Bupati Batang Wihaji (kiri) dan COE KCC Glass Corporation Nae-Hoan Kim (ketiga kanan) bersiap meletakkan batu pertama saat
Foto: Antara/Harviyan Perdana Putra
Menteri Investasi Bahlil Lahadalia (ketiga kiri) didampingi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kedua kanan), Bupati Batang Wihaji (kiri) dan COE KCC Glass Corporation Nae-Hoan Kim (ketiga kanan) bersiap meletakkan batu pertama saat

REPUBLIKA.CO.ID, BATANG -- Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia mengatakan, sebanyak 70 persen dari lahan Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB), Kabupaten Batang, Jawa Tengah, fase pertama direncanakan bagi investasi dari Korea Selatan. Total luas lahan fase pertama, yakni 450 hektare.

"(Fase KITB pertama seluas 450 hektare) 70 persen akan diisi investasi dari Korea selatan, termasuk perusahaan LG. Jadi, memang ada langkah komprehensifyang akan kami lakukan dan kita dorong," katanya saat peletakanbatu pertama pembangunan pabrik KCC Glass di KITB, Batang, Jawa Tengah, Kamis (20/5).

Baca Juga

Menurut dia, saat ini, pemerintah memfokuskan investasi sebagai upaya menciptakan lapangan pekerjaan sehingga ada dua hal yang diperhatikan, yaitu nilai investasinya besar dengan kolaborasinya bersama pelaku UMKM dan penyerapan tenaga kerja. "Ini adalah bagian transformasi ekonomi yang berujung pada industri dan memberikan nilai tambah. Oleh karena itu, kami minta tolong libatkan pengusaha nasional dan pengusaha di Jateng, dan khususnya Kabupaten Batang ini," katanya.

Bahlil mengingatkan pengusaha tidak memiliki mental sebagai "pengusaha proposal" karena memiliki hubungan emosional yang baik dengan kepala daerah. "Jangan karena sebagai tim suksesnya bupati maupun gubernur, jadi tidak proporsional. Kita harus mulai belajar proporsional yang bisa dipertanggungjawabkan karena kita menuju era transparansi dan persaingan secara global," katanya.

Ia mengatakan alasan pemerintah memilih kawasan industri di Kabupaten Batang karena wilayahnya berada di Jawa Tengah yang memiliki infrastruktur di posisi "segitiga emas", tenaga kerja murah, masyarakatnya ramah, dan persoalan sosial yang tidak terlalu besar dibanding daerah lain. "Karena, jadikan lah Jawa Tengah sebagai surga berinvestasi bagi Korea Selatan dan negara dunia lainnya," katanya.

CEO KCC Glass Corporation Nae-Hoan Kim mengatakan pihaknya memilih Indonesia karena posisi strategi,s yaitu menghubungkan antara dunia belahan selatan dan bagian utara. "Ini alasan mengapa industri dunia memperhatikan Indonesia sebagai pusat industri. Kami memproduksi 480 ton kaca lembaran per tahun dan menginvestasikan Rp5 triliun,"katanya.

Direktur Utama PT PP (Persero) Novel Arsyad menambahkan pihaknya siap bekerja sama dalam membangun pabrik KCC Glass dengan kualitas terbaik. "Pembangunan ini adalah simbol undangan investor lain untuk menyusul KCC Glass," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement