Sabtu 22 May 2021 08:10 WIB

Pemkot Yogya Tingkatkan Vaksinasi untuk Lansia dan Guru

Pelaksanaan vaksinasi di Kota Yogyakarta sudah mencapai 70 persen untuk lansia.

Rep: Silvy Dian Setiawan/ Red: Fernan Rahadi
Vaksinator menyuntikan vaksin Covid-19 ke guru (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Vaksinator menyuntikan vaksin Covid-19 ke guru (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, YOGYAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta meningkatkan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 usai lebaran ini. Terutama vaksinasi untuk menuntaskan lansia dan guru.

"Pasca Lebaran ini kami tingkatkan kembali kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kota Yogyakarta," kata Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi, Jumat (21/5).

Heroe menuturkan, pelaksanaan vaksinasi di Kota Yogyakarta sudah mencapai 70 persen untuk lansia. Untuk guru, pihaknya juga sudah menyuntikkan vaksin kepada 5.000 guru SMA/SMK di Kota Yogyakarta pada 19-20 Mei kemarin untuk dosis kedua

"Harapan kami jika dimungkinkan pembelajaran tatap muka di sekolah, semua guru di Yogya sudah divaksin," ujarnya yang juga Ketua Harian Satgas Penanganan Covid-19 Kota Yogyakarta tersebut.

Secara keseluruhan, realisasi vaksinasi untuk penyuntikan dosis pertama sudah menyasar 180 ribu orang. Sedangkan, untuk penyuntikan dosis kedua vaksinasi di Kota Yogyakarta baru menyasar 108 ribu orang.

Untuk menuntaskan vaksinasi lansia, Heroe pun mengimbau seluruh lansia yang belum divaksin agar datang ke fasilitas pelayanan kesehatan (faskes). Diharapkan, vaksinasi untuk lansia ini dapat diselesaikan secepatnya.

Saat ini ada 32 faskes di Kota Yogyakarta yang melayani vaksinasi Covid-19. Pihaknya juga akan terus menambah faskes guna percepatan vaksinasi Covid-19.

"Kami imbau warga lansia yang belum vaksin segera vaksinasi di puskesmas, klinik atau rumah sakit. Kami juga mendorong tokoh-tokoh masyarakat RT/RW, PKK dan relawan yang sudah didata kelurahan untuk vaksinasi," jelas Heroe.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement