Selasa 25 May 2021 16:35 WIB

Jateng Kejar Percepatan Vaksinasi Lansia

Pekan depan vaksinasi terhadap kelompok warga lansia harus naik 100 persen.

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin
Jateng Kejar Percepatan Vaksinasi Lansia (ilustrasi).
Foto: ANTARA/Adiwinata Solihin
Jateng Kejar Percepatan Vaksinasi Lansia (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Jawa Tengah bakal melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran kelompok lanjut usia (lansia). Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta dilakukan perubahan pola penyuntikan vaksin terhadap sasaran warga lansia tersebut.

"Sehingga, sampai dengan pekan depan vaksinasi terhadap kelompok warga lansia harus naik 100 persen," katanya, pada acara Gebyar Vaksinasi Lansia tahun 2021 yang digelar secara virtual di kantornya, Selasa (25/5).

Perihal percepatan vaksinasi ini disampaikan gubernur sedang dilaksanakan Kabupaten Grobogan. Bahkan --menurutnya-- pelaksanaannya juga dapat berjalan seshai harapan.

Meski sudah bagus, namun gubernur juga mengakui perlu dilakukan perubahan pola vaksinasi. "Maka untuk mengejar target percepatan vaksinasi lansia tersebut, saya minta agar pola penyuntikan diubah," jelas gubernur.

Ia menjelaskan, jika sebelumnya, dosis vaksin yang ada disiapkan dan disiagakan sesuai dengan jumlah lansia untuk dua kali penyuntikan, maka sekarang polanya diubah dengan menyuntikkan seluruh vaksin yang tersedia untuk lansia.

Untuk vaksinasi dosis kedua nanti bisa order lagi. Dengan pola tersebut, diharaokan akan bisa dilakukan percepatan vaksinasi kepada lansia. "Yang penting mereka (kelompok lansia) bisa mendapatkan layanan vaksin dengan lebih cepat lagi,” tegasnya.

Dari perubahan pola tersebut, gubernur menargetkan --pada pekan ini sampai dengan pekan depan-- proses vaksinasi terhadap lansia akan naik sampai 100 persen. Dengan begitu percepatan juga bisa dilakukan.

“Minggu depannya lagi kita coba naik 200 persen. Sehingga kalau bulan Juli nanti kita musti ditargetkan naik 300 persen dan teman- teman yang ada di pelayanan vaksinasi juga sudah latihan semuanya,” tandasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement