Jateng Kejar Percepatan Vaksinasi Lansia

Rep: Bowo Pribadi/ Red: Muhammad Fakhruddin

Jateng Kejar Percepatan Vaksinasi Lansia (ilustrasi).
Jateng Kejar Percepatan Vaksinasi Lansia (ilustrasi). | Foto: ANTARA/Adiwinata Solihin

REPUBLIKA.CO.ID,SEMARANG -- Jawa Tengah bakal melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 dengan sasaran kelompok lanjut usia (lansia). Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta dilakukan perubahan pola penyuntikan vaksin terhadap sasaran warga lansia tersebut.

"Sehingga, sampai dengan pekan depan vaksinasi terhadap kelompok warga lansia harus naik 100 persen," katanya, pada acara Gebyar Vaksinasi Lansia tahun 2021 yang digelar secara virtual di kantornya, Selasa (25/5).

Perihal percepatan vaksinasi ini disampaikan gubernur sedang dilaksanakan Kabupaten Grobogan. Bahkan --menurutnya-- pelaksanaannya juga dapat berjalan seshai harapan.

Meski sudah bagus, namun gubernur juga mengakui perlu dilakukan perubahan pola vaksinasi. "Maka untuk mengejar target percepatan vaksinasi lansia tersebut, saya minta agar pola penyuntikan diubah," jelas gubernur.

Ia menjelaskan, jika sebelumnya, dosis vaksin yang ada disiapkan dan disiagakan sesuai dengan jumlah lansia untuk dua kali penyuntikan, maka sekarang polanya diubah dengan menyuntikkan seluruh vaksin yang tersedia untuk lansia.

Untuk vaksinasi dosis kedua nanti bisa order lagi. Dengan pola tersebut, diharaokan akan bisa dilakukan percepatan vaksinasi kepada lansia. "Yang penting mereka (kelompok lansia) bisa mendapatkan layanan vaksin dengan lebih cepat lagi,” tegasnya.

Dari perubahan pola tersebut, gubernur menargetkan --pada pekan ini sampai dengan pekan depan-- proses vaksinasi terhadap lansia akan naik sampai 100 persen. Dengan begitu percepatan juga bisa dilakukan.

“Minggu depannya lagi kita coba naik 200 persen. Sehingga kalau bulan Juli nanti kita musti ditargetkan naik 300 persen dan teman- teman yang ada di pelayanan vaksinasi juga sudah latihan semuanya,” tandasnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
 

Terkait


Vaksinasi Lansia Door to Door di Kota Tangerang, Banten

Menkes Turki Serukan Vaksinasi Keluarga Tenaga Kesehatan

Vaksin Gotong Royong, Jalan Pintas Bagi Yang Ingin Segera Divaksin

13.000 Lansia di Bangka Tengah akan Divaksinasi

Vaksinasi Lansia di Kota Yogyakarta Terus Digenjot

Republika Digital Ecosystem

Kontak Info

Republika Perwakilan DIY, Jawa Tengah & Jawa Timur. Jalan Perahu nomor 4 Kotabaru, Yogyakarta

Phone: +6274566028 (redaksi), +6274544972 (iklan & sirkulasi) , +6274541582 (fax),+628133426333 (layanan pelanggan)

yogya@republika.co.id

Ikuti

× Image
Light Dark